Share

Tips Cegah Kotoran Keluar saat Melahirkan

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 30 Januari 2015 03:26 WIB
$detail['images_title']
Cegah kotoran keluar saat melahirkan (Foto: Blogspot)

SAAT tiba saatnya Anda akan melahirkan, Anda tentu hanya ingin anak Anda yang keluar dari perut Anda. Namun, masih ada hal memalukan lain yang bisa keluar bersama sang bayi bila Anda tidak terlalu memperhatikan, yaitu kotoran dari usus Anda.

Sebelum tahap persalinan terjadi, ada beberapa waktu bagi Anda untuk melakukan persiapan. Salah satunya adalah untuk membersihkan pencernaan Anda. Di rumah sakit atau klinik, bidan akan membantu untuk langkah-langkah tersebut.

Namun tidak ada salahnya bila Anda mengetahui terlebih dulu hal apa yang bisa dilakukan untuk mengosongkan usus Anda saat memasuki hari H. Berikut adalah penjelasannya, seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (30/1/2015).

Kosongkan usus besar

Perhatikan ini bila Anda mulai merasakan kontraksi di dekat tanggal di mana Anda diprediksikan akan melahirkan. Rajinlah buang air besar di hari-hari menjelang kehamilan.

 

Makan daging

Jangan hanya makan sayuran atau buah saat mendekati hari kelahiran. Masukkan daging ke dalam diet Anda. Daging dapat memperkeras kotoran dan membantunya agar tidak mudah keluar saat proses melahirkan.

Hindari makanan yang menghasilkan gas

Beberapa hari sebelum melahirkan, hindari makanan yang dapat menghasilkan gas perut atau membuat perut kembung. Ini hanya akan memudahkan kotoran keluar saat saluran kandungan berkontraksi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)