Share
Advertisement

Tips Menggunakan Facebook yang Aman

Dini Listiyani , Jurnalis-Jum'at 30 Januari 2015 18:45 WIB
Ilustrasi (Foto: Getty Image)
Ilustrasi (Foto: Getty Image)
A
A
A

WASHINGTON – Jejaring sosial penggunaannya sudah semakin luas di masyarakat terutama pada masyarakat urban. Luasnya penggunaan jejaring sosial tersebut harus diiringi dengan keamanan data pengguna.

Facebook, salah satu jejaring sosial terbesar di dunia mengingatkan kepada 1,35 miliar pengguna aktif bulanan bagaimana mengendalikan jejaring sosial tersebut. Berikut sebagaimana dilansir ABCnews, Jumat (30/1/2015).

Tahu dengan Siapa Berbagi

Sebelum memposting sesuatu, pengguna dapat menyesuaikan audiens untuk setiap postingan dengan cara mengklik tombol disebelah tombol “post”dan memilih siapa saja yang dapat melihat posting pengguna.

Privacy Check-Up

Facebook juga menyediakan fitur untuk mengetahui siapa saja yang dapat melihat postingan, aplikasi apa yang pengguna gunakan dan memiliki akses ke informasi pribadi pengguna, termasuk hari ulang tahun pengguna.

Caranya, pengguna hanya perlu pergi ke bagian atas halaman facebook, nanti akan ditemui sebuah gambar gembok kemudian pilih Privacy Check-Up yang terdapat gambar dinosaurus biru. Kemudian klik gambar gembok pada Privacy Check-Up, kemudian dinosaurus tersebut akan memandu pengguna.

Fitur Keamanan

Fitur keamanan yang dimiliki oleh Facebook memungkinkan pengguna mengetahui orang yang mencoba login ke account pengguna.

Fitur ini membantu menjaga data pengguna dengan cara masuk ke security setting kemudian pilih login alert dan memeriksa apakah pengguna ingin diberitahu aktivitas melalui pemberitahuan Facebook, teks atau email. Kemudian simpan perubahan tersebut.

Take Control

Pengguna memiliki hak untuk meng-untag diri dari foto atau story. Pengguna juga dapat memblokir siapa saja orang yang tidak disukai di Facebook. Caranya dengan pergi ke halaman orang tersebut kemudian klik tombol “…” dan pilih “block”.

Status Update

Perhatikan Postingan Status pada halaman Facebook pengguna. Pasalnya Facebook telah menerapkan penghapusan berita hoax yang terdapat pada situsnya. Sehingga, memungkinkan jika ada berita palsu hadir pada halaman tersebut, pihaknya akan menghapus langsung meski terlebih dahulu melaporkannya pada yang bersangkutan.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement