Share

Ini yang Akan Dibahas Jokowi saat Kunjungi Tiga Negara Tetangga

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Jum'at 30 Januari 2015 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 30 337 1099259 ini-yang-akan-dibahas-jokowi-saat-kunjungi-tiga-negara-tetangga-HA9g812qFy.jpg Presiden RI, Joko Widodo (dok. Okezone)
A A A

JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), AM Fachri, menyatakan, dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kenegaraan di beberapa negara tetangga.

Itulah alasan dirinya bersama delegasi Kementerian Luar Negeri mendatangi Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Berdasarkan jadwal, kunjungan kenegaraan akan berlangsung mulai dari 5 sampai 9 Februari 2015.

"Persiapan kunjungan kenegaraan Presiden yang sudah dijadwalkan ke Malaysia, ke Brunei, dan Filipina," ucap Fachri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Fachri menambahkan, persiapan yang matang terus dilakukan. Apalagi, ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama Presiden Jokowi ke tiga negara tersebut.

"Ini menyangkut kunjungan kenegaraan di mana tidak hanya dalam bentuk protokol. Kunjungan kenegaraan itu paling tinggi di dalam hubungan bilateral. Substansinya terkait dengan upaya meningkatkan kerja sama ekonomi," ucap Fachri.

Pada kunjungan ke tiga negara tersebut, juga akan dilakukan pertemuan dengan perwakilan Kemenlu negara lain. Pertemuan itu untuk menindaklanjuti arahan presiden agar Kemenlu melaksanakan visi-misi RI dalam lima tahun ke depan.

"Dan di antara prioritas diplomasi Indonesia dalam rangka menjelaskan visi dan misi Presiden terutama misi kedaulatan, kedua misi diplomasi ekonomi, ketiga mengenai perlindungan warga," imbuhnya.

Selain itu, akan dibahas juga mengenai kepentingan meningkatkan Kemenlu dan satu isu lagi terkait reformasi birokrasi yang dapat menyesuaikan struktur Kemenlu secara maksimal.

"Ini bisa menerjemahkan visi misi Presiden melalui prioritas diplomasi Indonesia. Beliau kita harapkan bisa memberikan arahan, imbauan Presiden kita juga akan meminta sejumlah menteri untuk ikut, memberikan guide line terkait dengan tiga isu tadi," paparnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini