Share

Minuman Ini Diklaim Penyebab Puber Dini

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 30 Januari 2015 10:30 WIB
$detail['images_title']
Efek samping minuman ringan (Foto: CNN)

MINUMAN ringan atau minuman dingin yang beraneka macam di pasaran, diklaim sebagai penyebab pubertas dini. Dan peningkat risiko kanker payudara pada anak.

Para peneliti memperingatkan bahwa, konsumsi minum satu setengah kaleng minuman ringan per hari, dapat meningkatkan risiko tersebut pada anak perempuan. Studi menunjukkan bahwa, setiap tahun masa puber anak perempuan maju lebih dini dan risiko kanker payudara mereka meningkat lebih dari lima persen.

“Studi kami menambah perhatian pada perluasaan tren minuman manis yang diminum oleh anak-anak dan remaja. Perhatian kami kini tertuju pada fenomena percepatan waktu menstruasi pada remaja perempuan,” kata Profesor Karin Michels, seperti dikutip dari Torontosun, Jumat (30/1/2015).

Penemuan ini, menurut penulis studi, penting untuk konteks puberty dini pada anak perempuan yang telah diteliti di negara-negara berkembang. Fenomena tersebut, sebelumnya belum diketahui, namun penelitian ini menunjukkan adanya hubungan ini dengan tren konsumsi minuman ringan dengan pemanis tambahan.

“Percepatan masa pubertas diperkirakan meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak lima persen. Jadi, 2,7 bulan pergeseran yang terjadi pada masa pubertas memiliki dampak jelas pada risiko kanker payudara. Untuk mengatasi ini, lebih banyak kemungkinan untuk mengubah faktor minumannya daripada risiko kesehatan yang dihadapi masyarakat,” tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)