Share

Pria Rentan Kena Kanker Payudara

Sofia Astarina, Jurnalis · Jum'at 30 Januari 2015 11:57 WIB
$detail['images_title']
Pria rentan kena kanker payudara (Foto: Hellomd)

MENDENGAR penyakit payudara, pertama kali yang ada dipikiran Anda pasti adalah wanita. Namun, bagaimana bila penderita tersebut adalah seorang pria?

Di India, November lalu ditemukan seorang pria yang identitasnya disamarkan menjadi Kunal Makhija, mengalami pembengkakan kecil di payudara sebelah kirinya.

Pembengkakan yang muncul sebagai “benjolan yang menyakitkan” tersebut, secara bertahap mengalami peningkatan dalam kurun waktu empat bulan. Setelah didiagnosa ternyata Kunal Makhija, menderita kanker payudara, yang mana penyakit ini biasanya umum di kalangan wanita.

Seperti yang dilansir dari Timesofindia, Jumat (30/1/2015), "Ini adalah penyakit langka, hal ini menjadi peringatan pada kalangan pria. Di Amerika Serikat, sebanyak 2.360 kasus baru dilaporkan dengan 430 kematian pada tahun 2013," kata Vaneet Gupta, konsultan senior, onkologi klinis di Pushpawati Singhania Research Institute.

Meskipun jarang, insiden kanker payudara pada pria ini, menjadi hal yang harus di perhatikan oleh kalangan pria. Risiko penyakit tersebut bisa disebabkan karena alkohol, obesitas dan radiasi.

"Pembengkakan muncul sebagai benjolan menyakitkan yang secara bertahap ukurannya meningkat satu centimeter pada bulan November 2013 lalu. Kemudian, meningkat sekitar lima centimeter pada bulan Maret tahun ini. Namun tidak ada keluhan lain selain pembengkakan tersebut”. Jelas Makhija mengenai penyakitnya.

Dalam menangani penyakit ini, biasanya dianjurkan melakukan operasi kanker payudara, kemoterapi, terapi hormon ataupun diresepkan obat, baik pria ataupun wanita tidak ada perbedaan dalam obat yang dianjurkan.

Perlu diketahui, untuk menghindarinya seorang konsultan senior operasi Onkologi di Rumah Sakit Khusus, bernama Shalimar Bagh mengatakan “Kejadian kanker payudara pada laki-laki masih jarang, Tapi perlu kesadaran yang tinggi tentang kanker payudara pada pria, sehingga tidak telat mengobatinya dan memungkinkan untuk disembuhkan.”

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)