Share

Di Balik Misteri Pura Goa Lawah Bali

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 01 Februari 2015 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 01 406 1099951 di-balik-misteri-pura-goa-lawah-bali-h1HIsEyEIK.jpg Misteri Pura Goa Lawah Bali (Foto: Atlasobscura)

BALI terkenal dengan kuil-kuil suci. Dari sembilan kuil suci di Bali, Pura Goa Lawah salah satu yang menarik dikunjungi.

Pura Goa Lawah merupakan rumah bagi ribuan kelelawar. Namun, para legenda lokal percaya, Pura Goa Lawah juga menyembunyikan aliran sungai yang dapat menyembuhkan penyakit.

Pura ini telah dibuat sekitar tahun 1007 dan terdapat candi kuno di depan pintu masuk gua. Awalnya, situs candi ini tidak memiliki nama.

Namun, nama candi ini dibangun berdasarkan dari struktur dan keadaannya sebagai rumah kelelawar. Lawah mempunyai arti kelelawar.

Di balik keunikannya, Pura Goa Lawah ini menyimpan sejumlah mitos lokal. Para legenda lokal percaya, di dalam gua terdapat terowongan yang menjadi rumah bagi raja ular yang memakai mahkota di kepalanya.

Selain itu, para legenda lokal meyakini, lorong gua sangat panjang hingga dapat melewati gunung sampai ke kota terdekat. Namun sayangnya, luas gua suci ini tidak ada yang pernah mengeksplorasi sehingga semua yang di dalamya hanya menjadi mitos.

Terlepas dari itu, Pura Goa Lawah memang memiliki struktur candi yang memukau dan berada di mulut gua. Selain itu, Pura Goa Lawah ini juga menjadi tuan rumah sebuah festival tahunan, di mana para jemaah dari seluruh daerah datang untuk berdoa di mulut gua kelelawar yang mengesankan, dikutip Atlasobscura.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini