Share

Teh Hijau Kemungkinan Bisa Cegah Kanker Mulut

Yogi Cerdito, Jurnalis · Minggu 01 Februari 2015 14:02 WIB
$detail['images_title']
Teh hijau kemungkinan bisa cegah kanker mulut (Foto: Rivertea)

PENELITIAN yang dilakukan Pennsylvania State University mengungkapkan kemungkinan bahwa teh hijau dapat membunuh sel kanker di mulut, dan meningkatkan jumlah sel yang sehat. Penemuan yang dirilis dalam Molecular Nutrition and Food Research ini merupakan penelitian yang paling baru tentang potensi teh hijau sebagai obat kanker, seperti dilansir Yahoo Health, Minggu (1/2/2015).

Pada 2012, teh hijau ditemukan mampu menyebabkan kematian sel kanker, dan menyarankan konsumsi regular teh hijau bisa berguna sebagai pencegahan kanker mulut. Studi menunjukkan bahwa senyawa yang ada di teh hijau memicu proses dalam mitokondria sel-sel kanker yang mengarah pada kematian sel-sel tersebut.

Tim peneliti menumbuhkan sel kanker mulut dan sel mulut normal, lalu memberikan epigallocatechin-3-gallate (EGGG) pada keduanya, senyawa yang ditemukan pada teh hijau.

Ditemukan bahwa, EGCG menguatkan pertahanan sel normal. Namun karena masih ada keterbatasan melakukan eksperimen pada manusia, masih terlalu dini mengatakan bahwa teh hijau bisa mencegah kanker mulut.

Jika percobaan klinis pada manusia diperbolehkan, teh hijau mungkin bisa sangat beguna untuk mencegah perkembangan sel kanker mulut.

Pengobatan untuk kanker mulut, saat ini merupakan kombinasi kemoterapi, operasi, dan radiasi. Jika kemoterapi dapat menyebabkan rambut rontok dan gangguan otot, konsumsi teh hijau hanya memiliki sedikit efek samping.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)