Share

Bahaya Sebenarnya dari Minuman Soda

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 01 Februari 2015 17:35 WIB
$detail['images_title']
Bahaya sebenarnya dari minuman soda (Foto: Dailymail)

PERSEPSI masyarakat akan bahaya minuman bersoda yang dapat memicu gagal ginjal dianggap salah. Ternyata, bahaya dari minuman tersebut malah memicu diabetes, yang disebabkan oleh kandungan gula di dalamnya.

Hal ini diungkapkan oleh dr Dharmeizar dari Perhimpunan Neufrologi Indonesia. Ia mengklaim bahwa minuman bersoda tidak berbahaya bagi ginjal, karena pada dasarnya minuman bersoda terdiri dari komponen utama cairan.

"Tidak ada penelitian yang mengatakan kalau minuman berkarbonasi ada hubungannya dengan penyakit ginjal, selama fungsi ginjal seseorang masih baik. jadi, bisa dikatakan minuman bersoda tidak berisiko gagal ginjal," ujarnya di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut, tambah dr Dharmeizar, minuman bersoda mengandung fruktosa tinggi yang meningkatkan risiko diabetes. Maka itu, Anda tetap tidak disarankan banyak-banyak meneguk minuman bersoda, meskipun mendapat sensasi kesegaran yang mampu melepas dahaga.

"Asupan gula pada dasarnya menambah energi. Tapi kalau melihat keseharian kita, keberadaan gula itu tak bisa lepas dari manusia karena setiap hari kita makan gula yang ada di dalam makanan atau minuman. Sebenarnya kalau terlalu banyak gula, bisa picu diabetes lho," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)