Share

Sarapan Telur Tiap Hari Bikin Tulang Kuat

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 01 Februari 2015 19:08 WIB
$detail['images_title']
Enam makanan untuk bikin tulang kuat (Foto: Everythingeggs)

UNTUK memperkuat tulang, kita membutuhkan nutrisi, seperti kalsium dan vitamin D. Selain minum susu, tulang kita membutuhkan asupan vitamin D dari beberapa bahan makanan yang mudah dijumpai. Apa saja itu?

Dilansir Timesofindia, Minggu (1/2/2015), berikut ini enam bahan makanan yang dapat memperkuat tulang yang wajib disantap setiap hari.

Pisang

Buah ini mempunyai kandungan kalsium dan kalium yang baik untuk tulang. Di samping itu, pisang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, metabolisme protein, dan mencegah hilangnya kalsium dari tubuh Anda.

Sayuran hijau

Bayam, daun bawang, kembang kol, dan brokoli adalah sumber kalsium. Di dalamnya, juga terdapat kandingan vitamin K yang hadir untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Kacang-kacangan

Almond dan kacang tanah kaya akan kalium yang dapat mencegah hilangnya kalsium melalui urin. Sementara, kacang kenari kaya akan omega-3, asam lemak yang penting untuk memperlambat laju pengeroposan tulang dan mempercepat pertumbuhan tulang.

Plum

Buah ini mengandung serat yang disebut insulin. Fungsinya dapat membantu tubuh menyerap kalsium lebih cepat dan juga memperkuat tulang.

Sarden dan salmon

Sarden diketahui memiliki tingkat tinggi dari kedua vitamin D dan kalsium. Sementara, salmon mengandung omega-3 dan vitamin D.

Telur

Para ahli mengklaim, sarapan telur setiap pagi sangat baik untuk memperkuat tulang. Terutama bagian kuning telur, kaya akan vitamin D yang baik menjaga tulang dan kebugaran tubuh.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)