Share
Advertisement

Menyelamatkan Pelaku Tindak Bunuh Diri dengan Facebook

Wahyu Noor Hasan , Jurnalis-Sabtu 28 Februari 2015 19:01 WIB
Gambar Ilustrasi Mark Zuckerberg (Foto : Bussinesinsider)
Gambar Ilustrasi Mark Zuckerberg (Foto : Bussinesinsider)
A
A
A

CALIFORNIA - Semua orang pernah mengalami masa buruk dan sulit, meski mereka adalah orang-orang yang cukup eksis di jejaring sosial seperti Facebook. Beruntungnya, dengan adanya situs jejaring sosial rasa sakit atau keadaan yang sulit dilewati itu bisa dipantau oleh orang lain.

Seperti diberitakan sebelumnya, situs media jejaring sosial Facebook telah menghadirkan sebuah fitur baru yang bisa menyelamatkan orang dari tindakan bunuh diri. Meski demikian, bukan situs tersebut atau pengguna itu langsung yang bisa menyelamatkannya.

Facebook salah satu situs yang menyediakan fitur penyelamatan tersebut, dengan memberikan akses sebagai mediasi atau alat informasi menyelamatkan pelaku tindak bunuh diri. Lalu bagaimana cara menyelamatkannya ?

Dikutip dari Cnet, Sabtu (28/2/2015), Facebook bisa digunakan sebagai alat untuk membantu pengguna menyelamatkan orang lain dari tindakan bunuh diri. Pengguna bisa menjadi mediasai atau melaporkan ke situs untuk penanganan yang lebih baik.

Hal pertama yang perlu dilakukan pengguna jika melihat status atau posting-an yang memuat rasa kekecewaan, atau terbukti sebagai alasan untuk seseorang akan melakukan tindakan bunuh diri. Bisa langsung memilih atau mengklik tanda panah bawah atau pengaturan dalam status tersebut.

Selanjutnya, pengguna akan disajikan menu untuk melakukan tindakan pencegahan dengan memilih ‘laporkan status’. Selanjutnya pilih pengaturan ‘I think it shouldn’t on Facebook’ maka pengguna akan dibawa ke halaman menu berikutnya.

- Pilih menu "I think it shouldn't be on Facebook."

- Selanjutnya bisa memilih menu "It's hurtful, threatening or suicidal."

- Dan halaman berikutnya, memilih menu "I think they might hurt themselves."

Pada halaman pelaporan masalah bunuh diri, pengguna akan menjumpai lagi halaman yang dapat dilakukan langsung untuk mengatasi tindakan. Pilihan tersebut adalah

- ‘Offer help or support’ untuk menawarkan bantuan langsung dari pengguna

- ‘Get help for Ebil’ meminta bantuan dari pengguna lainnya yang dipercaya

- ‘Ask us to check the shipment’ meminta bantuan langsung dari situs untuk mengatasi penanganan terhadap pengguna yang akan melakukan tindakan tersebut.

Selain bantuan yang ada dalam menu, pengguna juga disediakan pilihan untuk mengobrol dengan pembantu atau pekerja Facebook. Para pekerja situs jejaring sosial ini, akan memberikan latihan atau cara dan saran tentang cara terbaik untuk bergerak maju menangani masalah.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement