Share
Advertisement

Isu 'Net Neutrality' Tak Surutkan Kolaborasi Indosat-Facebook

Dini Listiyani , Jurnalis-Sabtu 18 April 2015 11:03 WIB
Isu 'Net Neutrality' Tak Surutkan Kolaborasi Indosat-Facebook (Foto: Indosat)
Isu 'Net Neutrality' Tak Surutkan Kolaborasi Indosat-Facebook (Foto: Indosat)
A
A
A

JAKARTA – Indosat resmi menggandeng Facebook untuk menghadirkan layanan tanpa menggunakan pulsa melalui Internet.org. Layanan ini memberi kesempatan bagi masyarakat yang belum mencicipi internet agar dapat mencoba menikmati internet.

Ditengah kampanye Facebook untuk mengampanyekan Internet.org, beredar isu mengenai ‘net neutrality’ yang membuat beberapa perusahaan keluar dari program yang diusung Facebook.

Meskipun beberapa perusahaan di India keluar dari program yang digelar raksasa internet itu, namun tidak serta-merta membuat Indosat tidak ikut serta dalam program itu. Saat disinggung alasannya, President Director & CEO PT Indosat, Alexander Rusli mengungkapkan antara Indonesia dan India itu berbeda kasus.

“Perusahaan yang keluar tersebut, mereka mendukung adanya net neutrality, sementara di Indonesia sendiri berbeda. Para operatornya tidak berpeluang ke arah sana atau mendukung net neutrality,” kata Alex saat ditemui di Jakarta, Jumat 17 April 2015.

Seperti diketahui, CEO Facebook, Mark Zuckerberg terus mengampanyekan Internet.org, sebuah layanan yang bertujuan membawa konektivitas internet untuk masyarakat luas. Namun karena isu net neutrality membuat beberapa perusahaan keluar dari program tersebut.

Dilaporkan, beberapa perusahaan di India menyadari bahwa internet.org yang digelar Facebook melanggar prinsip-prinsip netralitas bersih atau net neutrality, sehingga menyebabkan beberapa perusahaan mundur dari program tersebut.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement