Share

Tiga Cara Menguji Ban Savero SUV

Sabtu 18 April 2015 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 18 15 1136162 tiga-cara-menguji-ban-savero-suv-QW6Fvf6gZ9.jpg Ban GT-Radial Savero SUV dipasangkan pada Honda CR-V untuk pengujian (Foto : PiusOkezone)

TANGERANG - Selain meluncurkan produk terbaru Savero SUV, PT Gajah Tunggal selaku produsen ban GT Radial juga mengajak wartawan untuk mencoba langsung kemampuan ban tersebut di Tangerang, Banten, kemarin.

Ban GT Radial Savero SUV dipasang pada dua mobil, Toyota Fortuner 2013 dan Honda CR-V 2013 standar pabrikan. Ban Fortuner berukuran 265/65 R17 112H Tubeless dengan tekanan 30 psi. Sementara CR-V menggunakan ukuran 225/60 R 18 100HA Tubeless, tekanan angin 30 psi.

"Uji coba dilakukan dalam tiga cara. Rolling resistance area untuk membuktikan hambatan gulir rendah, Comfort area untuk membuktikan ban nyaman dan lebih senyap, dan Wet Break untuk membuktikan daya cengkram ban saat direm di jalan basah," ungkap Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing & Sales Retail PT. Gajah Tunggal Tbk.

Okezone pertama kali menggunakan CR-V di comfort area. Mobil melaju melewati jalanan tak rata dengan kecepatan bervariasi, mulai dari 5 kilometer per jam, 10 km/jam, 20 km/jam, hingga maksimum 30 km/jam. Hasilnya, laju mobil terasa nyaman dan tidak bergetar.

Selanjutnya, menguji di rolling resistance menggunakan Fortuner. Konsepnya berbeda, para jurnalis duduk di bangku belakang. Mobil dibiarkan menggelinding di jalan menurun dalan kondisi mesin mati dan tuas transmisi di posisi netral. Hasilnya, mobil melaju dari turunan berjarak kurang lebih 10 meter, dan baru benar-benar berhenti di jarak 50 meter.

Tes terakhir ialah wet breaking area. Menggunakan Honda CR-V, Okezone melaju dengan kecepatan kurang lebih 80 km/jam, saat pedal rem diinjak, ban tetap menapak dengan prima.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini