Share

Kacamata vs Lensa Kontak, Mana yang Baik?

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 19 April 2015 06:35 WIB
$detail['images_title']
Kacamata vs kontak lensa (Foto: Xdestop)

KACAMATA dan kontak lensa sama-sama berfungsi sebagai alat bantu penglihatan mata. Namun, keduanya tentu ada perbedaan dari segi risiko dan keuntungannya. Apa saja itu?

Ini dia empat keuntungan dan kekurangan kacamata vs lensa kontak yang harus Anda tahu, seperti dilansir Standardexaminer, Minggu (19/4/2015).

Pemakaian

Jika Anda suka dengan menggunakan kacamata pemakaiannya sangat mudah dan tidak perlu memasukkan benda asing ke dalam kelopak mata. Sebaliknya, jika Anda lebih memilih menggunakan lensa kontak, harus memasukkan lensa ke dalam mata, sehingga pada akhirnya berisiko mengganggu kesehatan mata.

Penyimpanan dan perawatan

Menyimpan kacamata tidak boleh sembarangan. Pengaruhnya membuat bentuk kacamata Anda bengkok, bahkan patah. Seiring perkembangan teknologi, lensa khusus kacamata saat ini banyak pilihan berbahan plastik yang aman digunakan.

Begitu juga dengan penyimpanan lensa kontak juga tak boleh sembarangan. Ada tempat khusus yang sebaiknya Anda beli di optik resmi, dan simpan di tempat yang kering dan suhu normal.

Kacamata tidak mengganggu kesehatan mata

Jika ingin membuat mata Anda tetap sehat meskipun dengan kondisi rabun jauh atau rabun dekat, Anda lebih baik memilih menggunakan kacamata dibanding kontak lensa. Dalam jangka pendek, kacamata tidak membuat mata Anda cepat iritasi saat dipakai dalam keadaan apapun. Sebaliknya, jika Anda memilih kontak lensa harus waspada dengan kondisi mata merah, mata kering, hingga iritasi yang berbahaya.

Kacamata bisa bikin tampil modis

Bagi pecinta kacamata keuntungannya sangat mudah tampil modis. Karenanya, banyak sekali pilihan frame unik sesuai selera dan cocok digunakan sesuai dengan bentuk muka. Sementara, jika Anda senang menggunakan lensa kontak tidak bisa bergaya sesuai karakter Anda. Apalagi jika menggunakan lensa kontak warna dengan harga murah akan berisiko tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)