Share

BTN Siap Edukasi Pengembang Perumahan Pemula

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Senin 20 April 2015 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 20 470 1136940 btn-siap-edukasi-pengembang-perumahan-pemula-byy7GsqHs8.jpg BTN Housing Finance Center. (Foto: Okezone)
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) siap memberikan edukasi kepada 100 developer (pengembang perumahan) pemula. Edukasi tersebut akan dilakukan di BTN Housing Finance Center (HFC) yang berlokasi di wilayah Menteng, Jakarta Pusat.

Direktur Utama BTN Mayono mengatakan, untuk tahap awal perseroan developer pemula yang tergabung dalam asosiasi properti seperti REI dan Apersi. Hal ini lantaran perseroan baru melakukan kerjasama dengan kedua asosiasi tersebut.

Kendati demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan pada tahap berikutnya masyarakat umum yang ingin belajar menjadi pengembang perumahan bisa juga mendapatkan edukasi di HFC.

"‎Karena kita untuk mengejar langkah komitmen kita dalam melaksanakan program satu juta rumah. Kami akan cetak calon developer profesional untuk percepatan pemenuhan satu juta rumah. Kalau masyarakat ingin jadi eveloper pemula, bisa melalui APERSI atau REI dulu sementara," ucapnya di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Menurut Maryono, HFC memiliki tiga bidang utama, yaitu badan penelitian (research), badan pelatihan (training), dan badan penasihat (advisory).

"‎Research memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan harga pokok rumah, daerah satu dan daerah lain. Sehingga dia misalnya mengetahui harga rumah ini ada kenaikan atau penurunan. BTN juga punya standar mana lokasi yang bermanfaat dan punya lokasi strategis," jelasnya.

Pada pelatihan ini, peserta akan diberikan edukasi dengan kurikulum mengenai teori pembangunan rumah yang dibuat pemerintah, teknik dalam membangun perumahan, dan data dukungan kebutuhan perbankan perumahan.

Keuntungan bagi perseroan sendiri, bisa memberikan suatu kesamaan visi dan standarisasi mengenai perumahan, sehingga memudahkan untuk memonitoring.

"Pelatihan ini juga memberikan pembelajaran kepada calon developer agar mereka tidak hanya pentingkan bahwa ini kepentingan pemerintah, tapi dia harus bertanggung jawab bagaimana menjual hasil produknya sesuai kualitasnya, serta timingnya harus tepat dan jangan sampai calon debitur terbebani dengan beban bunga yang tidak terselesaikan," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini