Share

Tren Kawasan Industri Bergeser ke Barat

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Selasa 21 April 2015 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 21 470 1137646 tren-kawasan-industri-bergeser-ke-barat-SUsHDjGlU6.jpg Ilustrasi: Okezone
A A A

JAKARTAKawasan industri di Indonesia mengalami pergeseran tren lokasi. Jika selama ini kawasan industri yang diminati ada di Bekasi dan sekitarnya, namun memasuki kuartal I-2015 tren kawasan industri bergeser ke barat seperti Serang dan sekitarnya.

"Kawasan industri sekarang ada pergeseran karena harga tanah di Serang dan sekitarnya cenderung lebih murah dibandingkan di Bekasi, dll. Makanya ada lonjakan permintaan," kata Head of Research &Advisory Cushman&Wakefield Arief Rahardjo di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Di samping itu, alasan lain yang membuat tren kawasan industri mulai bergeser ke barat Jakarta adalah membaiknya akses menuju ke daerah ini. Adapun, permintaan kawasan industri terbesar masih didominasi oleh pelaku industri Asia dan lokal.

Berdasarkan data yang dimiliki Cushman&Wakefield, saat ini harga lahan di Serang sekira Rp1,4 juta per meter perseginya, sementara di Bekasi harga lahannya sudah mencapai Rp2,7 juta per meter persegi.

Tidak hanya itu, pasokan baru untuk kawasan industri di Serang pada awal tahun ini juga cukup banyak. Pada kuartal I-2015 tercatat pasokan kumulatifnya mencapai 11.000 hektare (Ha).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini