Share

Kapan Pil Kontrasepsi Boleh Diminum?

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 21 April 2015 11:16 WIB
$detail['images_title']
Waktu kontrasepsi diminum (Foto: Dailymail)
KONTRASEPSI banyak dipakai wanita untuk mencegah sebuah kehamilan. Namun wanita harus tahu kapan sebaiknya kontrasepsi diminum. Berikut jawabannya.
 

Menurut Ahli Obstetri dan Ginekologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Biran Affandi, mengingatkan bahwa pada dasarnya kontrasepsi dipakai pada wanita yang tidak hamil. Salah satu tandanya adalah saat perempuan mengalami menstruasi.

“Kontrasepsi dapat dipakai saat perempuan sedang menstruasi, beberapa lama setelah melahirkan, atau setelah keguguran,” tuturnya saat ditemui dalam acara peluncuran “Kontrasepsi Oral Terbaru dengan Estradiol Valerat” bersama Bayer, di Jakarta baru-baru ini.

Adapun untuk pil KB yang mengandung estrogen, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang menyusui.

“Semua pil KB yang mengandung estrogen tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita menyusui. Penggunaan pil KB dapat mempengaruhi jumlah ASI, menjadi lebih sedikit atau tidak keluar sama sekali,” pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)