Share

Istri Jokowi Luncurkan Program Pencegahan Kanker Serviks

Markus Yuwono (Sindo Radio), Jurnalis · Selasa 21 April 2015 14:41 WIB
$detail['images_title']
Ibu negera peduli kanker serviks (Foto: Okezone)

INDONESIA merupakan salah satu negara dengan angka penderita kanker tertinggi. Dari data kementerian kesehatan tahun 2015, rata-rata setiap jam jumlah penderita kanker serviks bertambah 2,5 orang dan meninggal 1,1 orang.

Direktur utama BPJS kesehatan Fahmi Idris mengatakan secara nasional, jumlah penderita kanker serviks ditingkat pelayanan rawat jalan mencapai 68.883 kasus dengan total biaya Rp 48,2 Milyar.

"Untuk rawat inap ada 18.092 kasus dengan total biaya sekitar Rp123,1 miliar," katanya dalam Pencanangan Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia di puskesmas Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (21/4/2015).

Untuk mencegah jumlah penderita kanker serviks. Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) kabinet Kerja melaksanakan gerakan deteksi dini melalui pemeriksaan deteksi dini kanker servik pada perempuan Indonesia atau IVA (Inspeksi Visual Asetat) secara serentak seluruh Indonesia.

"Sebagai bentuk dukungan BPJS kesehatan bekerja sama dengan instansi pemerintah telah melakukan pelatihan IVA dan papsmear kepada 2.143 dokter umum dan bidan, dan juga pemeriksaan IVA kepada 81.001 peserta BPJS kesehatan, dan pemeriksaan papsmear bagi 248.940 peserta," jelas Fahmi.

Sebagai tindak lanjut penanganan kanker servik, bagi peserta BPJS disediakan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Sementara dalam acara hari ini yang dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, ia meluncurkan program Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Servik pada perempuan Indonesia atau IVA (Inspeksi Visual Asetat) di puskesmas Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta.

Ibu negara didampingi Menteri Kesehatan Nila Faried Moelek, bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Susana Yembise, serta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas.

Turut serta dalam acara tersebut yaitu Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo. Ibu Iriana meluncur program IVA tersebut serentak di 34 Propinsi. Selain itu juga melakukan video conference dengan 10 propinsi. Salah satunya dengan Istri JK Mufidah Jusuf Kalla, di Makasar. 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)