Share

Tips agar Anak Tak Malas Mengerjakan PR

Afiza Nurmuseriah, Okezone · Minggu 07 Februari 2016 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 05 196 1305929 tips-agar-anak-tak-malas-mengerjakan-pr-xgeVf0nbv8.jpg Ilustrasi anak dan ibu (Foto: Forbes)
A A A

BANYAK hal yang membuat anak malas untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau PR dari guru di sekolahnya. Sehingga, tak sedikit orangtua akhirnya emosi dengan anaknya dan akhirnya membuat anak semakin sungkan mengerjakannya.

Tak usah gusar Moms, berikut tips agar anak tak lagi malas mengerjakan PR-nya.

Berikan penghargaan

Anda tidak perlu memberikan penghargaan yang mahal atau memakan waktu. Rayakan dengan tambahan lima menit untuk menggunakan gadget, satu mangkuk es krim, sebuah cerita pengantar tidur tambahan atau tambahan jam untuk menonton acara kartun kesayangannya. Fokus pada kualitas waktu bukan kuantitas uang yang dihabiskan.

Selalu evaluasi

Sesuaikan, ubah, dan perbaiki prestasi akademik anak setiap tahun ajaran baru tiba. Lihat hasil rapor anak di semester sebelumnya dan lihat apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan di semester berikutnya. Dengan begitu Anda akan bisa memacunya lagi untuk lebih rajin mengerjakan PR-nya.

Jadilah sadar gangguan

Mengerjakan PR membutuhkan perhatian khusus dan berkelanjutan dari orangtua serta ruangan yang bebas gangguan. Matikan televisi, matikan nada dering ponsel dan keluarkan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dari dalam rumah. Ini membantu anak agar mereka bisa sepenuhnya berkonsentrasi dengan PR-nya. Demikian dilansir Sheknows, Minggu (7/2/2016).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini