Share

Diam-Diam, Vietnam Simpan Kisah Sukses Ekonomi di Asia

Raisa Adila , Okezone · Minggu 07 Februari 2016 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 05 20 1305544 diam-diam-vietnam-simpan-kisah-sukses-ekonomi-di-asia-J6sRJNiVvQ.jpg Ho Chi Minh City, Vietnam (Foto: Business Insider)
A A A

JAKARTA - Tanda-tanda membaiknya ekonomi Vietnam terlihat dari wilayah Ho Chi Minh City, atau Saigon karena kebanyakan penduduk yang tinggal di tempat tersebut.

Tidak hanya itu, pembangunan menara Vietcombank juga hampir selesai, yang dirancang oleh arsitektur ternama Pelli Clarke Pelli, yang membuat peminat cukup melonjak.

Melansir Forbes, 30 tahun yang lalu, Vietnam merupakan salah satu negara termiskin di muka bumi,dengan negara berpenghasilan menengah ke bawah. Pada tahun 1986 kebijakan yang dikenal sebagai Doi Moi dilembagakan untuk memindahkan negara ini dari ekonomi terpusat untuk kembali ke ekonomi berorientasi pasar.

Sementara itu, pengunjung yang datang ke Vietnam, terutama dari negara-negara barat, sering terkejut dengan menara perkantoran, butik high-end dan jalan-jalan yang ramai. Pasalnya, mereka sebelumnya memiliki kesan dari gambar konflik dan kemiskinan di pedesaan Vietnam yang muncul di layar televisi di seluruh dunia pada 1960-an dan 1970-an.

Namun, negara itu sepertinya telah berhasil menggeser perekonomiannya. Pada tahun 1986 pendapatan tahunan rata-rata di Vietnam adalah sekira USD100. Angka ini sekarang meningkat menjadi hampir USD2.000 dan dua kali lipat di daerah perkotaan.

Seperti seluruh dunia, Vietnam juga menderita akibat krisis keuangan global. Namun pertumbuhan PDB pada semester pertama 2015 mencapai 6,3 persen atau setara dengan rata-rata pertumbuhan selama tahun 2000-an.

Setelah berjuang dengan kenaikan inflasi dalam beberapa tahun terakhir, CPI naik hanya 0,6 persen di Agustus 2015 dibandingkan dengan 4,3 persen untuk periode yang sama tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, Vietnam juga telah meratifikasi perjanjian perdagangan Trans Pacific Partnership yang beberapa analis memprediksi bisa memberikan 11 persen dorongan untuk ekonomi selama 10 tahun ke depan. Bahkan, pihak Vietnam telah membicarakan untuk maju dalam kesepakatan perdagangan bebas dengan Uni Eropa.

Kesepakatan tersebut nantinya membantu untuk mendorong pertumbuhan ini untuk 94 juta orang penduduk.

Negara ini juga memiliki gaya hidup seperti negara besar lainnya lantaran hampir setiap kafe, restoran atau bar yang menawarkan wifi gratis untuk pelanggan, dan kepemilikan smartphone meledak. Berdasarkan riset perusahaan TNS, 40 persen dari populasi negara itu mengakses internet.

Meski demikian, ada tantangan yang juga masih dihadapi Vietnam yaitu mengenai kemiskinan dalam kelompok etnis minoritas di negara itu, korupsi, regulasi bisnis dan kepemilikan properti. Namun, meskipun banyak tantangan, hal positif masih ada dalam prospek ekonomi untuk Vietnam. Hal ini tentu terlihat jika flash back ke 30 tahun yang lalu dibanding kondisi saat ini yang dapat dianggap sebagai salah satu kisah sukses tentang Asia.(rai)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini