Share

Antisipasi Pengangguran Akibat PHK, Pemerintah Harus Lakukan Ini

Dedy Afrianto , Okezone · Sabtu 06 Februari 2016 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 05 320 1305632 antisipasi-pengangguran-akibat-phk-pemerintah-harus-lakukan-ini-FrW4nL68Zg.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

JAKARTA – Indonesia saat ini tengah terancam gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK). Berdasarkan data dari Konfederasi Sarekat Pekerja Indonesia (KSPI), hingga Maret 2016 terdapat beberapa perusahaan pada sektor elektronik, migas, dan automotif yang akan melakukan PHK sebesar 10.000 tenaga kerja.

Pemerintah pun dituntut untuk dapat segera mengeluarkan kebijakan guna menyelamatkan puluhan ribu tenaga kerja yang terancam PHK. Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia Destry Damayanti mengungkapkan, pemerintah perlu menggerakkan industri padat karya di berbagai daerah agar dapat menampung tenaga kerja yang terkena PHK.

“Kita lihat gelombang PHK cukup besar belakangan. Ini tentunya harus ada langkah-langkah yang konstruktif dari pemerintah untuk meng-address ini. Jadi harus mempercepat untuk mendorong industri yang sifatnya padat karya. Sehingga mereka yang kena layout bisa cepat mendapatkan pekerjaan,” ujar Destry kepada Okezone, Sabtu (6/2/2016).

Pemerintah juga dituntut untuk segera mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang secara khusus mengatur mengenai PHK. Sehingga, puluhan ribu tenaga kerja yang saat ini terancam PHK segera mendapatkan kejelasan status dari perusahaan.

“Ini memang harus cepat di address oleh pemerintah karena kalau tidak bisa berlarut-larut. Paket kebijakan yang arahnya memberdayakan kembali yang sifatnya padat karya dan mempercepat reindustrialisasi di Indonesia. Itu yang sangat penting,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian hingga saat ini belum berencana untuk mengeluarkan paket kebijakan yang mengatur mengenai PHK. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, saat ini pemerintah masih fokus untuk mengeluarkan kebijakan terhadap investasi di Indonesia.

"Bukan bukan (soal PHK), tetapi soal investasi," ujar Darmin saat ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Kamis lalu.(rai)

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini