Share

Lima Strategi Ampuh untuk Dapat Kerja

Agregasi Sabtu 06 Februari 2016 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 05 65 1305711 lima-strategi-ampuh-untuk-dapat-kerja-FvAhTxsbZH.jpg Ilustrasi: Shutterstock

PERSAINGAN yang ketat dalam pencarian kerja menyulitkan tak hanya para profesional, namun juga lulusan baru universitas. Bukan hanya melelahkan, kegiatan ini juga bisa membuat Anda frustrasi hingga depresi.

Berikut ini adalah lima strategi ampuh yang bisa Anda gunakan ketika mulai mencari kerja.

Mencari kerja merupakan full-time job

Jika Anda masih memiliki pekerjaan tetap dan berencana mencari kerja baru, coba buatlah kegiatan rutin yang bisa Anda lakukan demi mendapatkan pekerjaan yang Anda minati. Cari tahu tips-tips seputar mencari kerja, siapkan peralatan yang ada, koordinasikan semua sumber yang Anda dapatkan dan buatlah agenda terkait dengan kegiatan tersebut.

Bagi Anda lulusan baru universitas, fokuskan hari-hari Anda demi mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Luangkan waktu lebih banyak untuk memperluas jaringan dan perkaya wawasan Anda dengan informasi terkait.

Tentukan pekerjaan impian Anda

Ketika waktunya wawancara dan pertanyaan seperti, "Pekerjaan jenis apa yang Anda inginkan?" Jangan menjawab, "Semua pekerjaan, yang penting gaji bulanan."

Jawaban tersebut tidak bisa menentukan kemampuan Anda sebagai seorang profesional. Ijazah serta jurusan yang Anda ambil selama di universitas tidak cukup untuk menentukan pekerjaan apa yang sesuai untuk Anda. Coba buat daftar kemampuan dan bakat lebih yang Anda miliki, yang sekiranya sesuai untuk pekerjaan yang ada.

Manfaatkan informasi di kampus dan alumni universitas

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh lulusan baru untuk mendapatkan pekerjaan, part-time hingga magang adalah memanfaatkan informasi di kampus atau dari almuni universitas. Kebanyakan dari fasilitas tersebut menawarkan posisi awal yang sesuai dengan latar belakang hingga minat Anda. Jika tinggal di luar kota, carilah informasi yang ada di sekitar Anda, biasanya banyak informasi yang berguna dari sesama alumni terkait lowongan pekerjaan.

Buat surat lamaran dan CV menarik

Yang perlu diperhatikan adalah untuk membuat surat lamarn kerja yang disesuaikan dengan perusahaan serta posisi yang dilamar, cek dengan teliti kesalahan pengetikan, informasi dan lainnya. Demikian pula dengan CV, tuliskan semua prestasi, kemampuan dan poin-poin penting terkait latar belakang pendidkan Anda.

Berlatih wawancara

Cobalah untuk mulai berlatih wawancara yang tepat, hal ini penting agar Anda bisa lebih terbiasa dan terhindar dari rasa gugup saat wawancara tiba. Lakukan dengan rutin latihan wawancara ini hingga Anda merasa nyaman dan siap saat waktunya wawancara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini