Share

5 Makanan Pembawa Keberuntungan dalam Imlek

Dinno Baskoro, Okezone · Minggu 07 Februari 2016 03:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 06 298 1306481 5-makanan-pembawa-keberuntungan-dalam-imlek-gwy6grO3gn.jpg Sayuran hijau dalam perayaan Imlek (Foto:Google)
A A A

SALAH satu tradisi penting dalam perayaan Imlek adalah menghidangkan sejumlah makanan yang diyakini punya makna baik untuk menjalani kehidupan di tahun mendatang. Mulai dari makanan yang melambangkan kekayaan, hingga membawa keberuntungan.

Berikut ini adalah sejumlah makanan yang diyakini membawa keberuntungan. Simak ulasan lengkapnya, seperti dilansir Thekitchn, Minggu (7/2/2016).

Jiao zi atau pangsit

Bentuknya menyerupai emas kuno atau perak ingot. Karena itu Jiao zi diyakini sebagai pembawa kemakmuran dan kekayaan. Hidangan ini biasanya disajikan tepat di tengah malam pergantian Tahun Baru China dan untuk sarapan di pagi harinya.

Terkadang, sebuah koin disematkan di salah satu pangsit dan orang yang menemukan atau menggigit koin, diyakini akan beruntung sepanjang tahun.

Beras

Beras dalam kaitan budaya Tionghoa kerap dianggap sebagai makanan keberuntungan. Selain itu, sajian ini juga dikaitkan dengan kesuburan serta kemakmuran. Termasuk pada hidangan nian gao yang terbuat dari tepung beras ketan. Kehadiran nian gao dalam perayaan Imlek melambangkan pencapaian tertinggi atau dipercaya mendapat kejayaan di tahun mendatang.

Ikan

Untuk memastikan awal yang baik, penting untuk menikmati ikan dalam keadaan utuh dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Ikan utuh yang disajikan ini dipercaya sebagai lambang keutuhan, kerukunan, panjang umur dan keberuntungan.

Jeruk

Menghidangkan jeruk dan makan jeruk dikatakan membawa kekayaan dan keburuntungan saat perayaan Imlek. Kepercayaan ini berasal dari warna cerah dan cenderung keemasan. Tak hanya itu, kata jeruk dalam bahasa China punya makna yang mirip dengan kata “keberuntungan” dalam bahasa China juga. Sedangkan warnanya yang oranye, terdengar mirip dengan kata bermakna “kekayaan”.

Sayuran hijau

Makna sayuran hijau dalam perayaan imlek adalah melambangkan umur panjang, kemakmuran dan kekayaan. Karena itu, berbagai sayuran hijau kerap dihidangkan dan disantap saat malam tahun baru.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini