Share

Gajah Masuk Permukiman, Satu Rumah Warga Dirusak

Banda Haruddin Tanjung , Okezone · Sabtu 06 Februari 2016 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 06 340 1306359 gajah-masuk-permukiman-satu-rumah-warga-dirusak-8JyJ7LNK4v.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)
A A A

PEKANBARU - Kawanan gajah memasuki permukiman di Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Kawanan gajah kemudian mengamuk dengan merusak rumah milik warga.

"Kejadian perusakan rumah oleh kawanan gajah itu terjadi kemarin malam. Saat kejadian, sang pemilik sedang tidak ada di tempat," kata Koordinator Himpunan Penggiat Alam (Hipam) Bengkalis, Zulhusni Sukri kepada Okezone Sabtu (6/2/2016).

Dia mengatakan karena amukan gajah itu, rumah warga yang semi permanen hancur, terutama di bagian dapur.

Pematang Pudu sendiri merupakan kawasan yang sudah lama menjadi daerah perlintasan gajah. Saat ini, daerah yang semula hutan tersebut, kini sudah menjadi permukiman warga.

"Sudah dua tahun kawanan gajah itu tidak melintas di sana. Saat gajah itu kembali, ternyata kawasan itu sudah jadi permukiman," tutur Sukri. Dia menambahkan, kawanan gajah liar yang merusak rumah warga berasal dari Suaka Margasatwa Balai Raja.

"Ada sekira 25 hingga 30 ekor gajah Balai Raja yang tersisa. Kondisi Balai Raja kini sudah hancur dan diubah menjadi permukiman dan perkebunan kelapa sawit. Dari luas 18.000 hektar, tersisa cuma 20 hekter," ucap Sukri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini