Share

Harga Mati, Orang Papua Harus Pimpin Freeport Indonesia!

Saldi Hermanto , Okezone · Minggu 07 Februari 2016 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 06 340 1306483 harga-mati-orang-papua-harus-pimpin-freeport-indonesia-hzcp4PrU1g.jpg Organisasi Papua saat aksi unjuk rasa (foto: Saldi Hermanto/Okezone)
A A A

TIMIKA - Organisasi Tongoi Papua menggelar aksi unjuk rasa Freeport Indonesia, di Bundaran Mile Point (MP) 28, Timika, Papua. Mereka menegaskan, bahwa harga mati, untuk menduduki jabatan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia adalah orang Papua.

Aksi yang dilakukan antara lain, memasang spanduk pada sejumlah titik yang bertuliskan "Harga Mati..!!! Presdir PT Freeport Indonesia orang asli Papua".

Koordinator Bidang Organisasi Tongoi Papua, Mako Kafiar menegaskan aksi yang dilakukan Tongoi Papua memang baru kali ini, namun keinginan maupun persiapan-persiapan orang Papua menjadi presdir FTFI sudah dilakukan sejak lama, yakni sejak tahun 2011 hingga kini.

"Ini merupakan aspirasi karyawan kami di job site, dimana kami harus menyuarakan aspirasi ini yang juga aspirasi masyarakat Papua," kata Mako Kafiar, Sabtu (6/2/2016).

Dari sisi sumber daya manusia (SDM), orang Papua sudah sangat siap, dimana sudah 43 tahun sejak tahun 1973 hingga kini PTFI beroperasi di kabupaten Mimika, Papua, orang Papua telah belajar banyak tentang dunia pertambangan, sehingga memiliki skill yang mumpuni.

Sehingga, inilah waktu yang tepat untuk mewujudkan harapan itu, serta dapat memposisikan eksistensi dan kontribusi PTFI yang benar-benar memberikan manfaat kepada bangsa Indonesia, terutama masyarakat Papua.

"Jelas bahwa orang asli Papua saat ini sudah sangat mampu dalam hal bertanggungjawab. Dan orang asli Papua mampu menempati kursi panas presdir PTFI," tegasnya.

Pemerintah pusat diminta untuk melihat apa yang sudah ada, dalam hal kemampuan orang Papua sebagai leadership yang memiliki skill dan mampu membangun kerjasama dengan semua stakeholder, baik karyawan, masyarakat maupun yang lainnya.

"Karena hal tersebut merupakan aspek fundamental yang dibutuhkan PTFI saat ini, dan itu kami sudah mampu," pungkasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini