Share

Masterplan Kawasan Industri Perlu Diperjelas

Fhirlian Rizqi Utama , Okezone · Sabtu 06 Februari 2016 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 06 470 1306420 masterplan-kawasan-industri-perlu-diperjelas-nuipxm9XJx.jpg Ilustrasi
A A A

JAKARTA - Isu gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di sektor industri terus mendapat perhatian. Pasalnya, jika ini terjadi dampaknya akan menular ke sejumlah sektor lain. Seperti perumahan salah satunya.

Pengamat Perumahan dan Permukiman, Jehansyah Siregar menilai, hal ini terjadi diakibatkan dari kebijakan pemerintah yang dianggapnya tidak proaktif dalam mengembangkan kawasan industri.

"Inilah akibat dari pemerintah kita yang tidak proaktif mengembangkan kawasan industri, mengembangkan masterplan perindustrian, industrinya jenis apa, jadi jelas," kata dia kepada Okezone, Sabtu (6/2/2016).

Dia juga menuturkan, ke depannya pemerintah dapat membuat perencanaan atau masterplan terpadu sebelum mengembangkan kawasan industri. Yang di mana, selain terdapat pabrik, juga ada perumahan yang dikhususkan untuk buruh.

"Ke depannya harus di buat masterplan terpadu ya, yang ada kawasan industri, kemudian perumahan buruhnya, seperti di negara-negara maju, kaya China, itu kan dikembangkan oleh pemerintah," papar Jehansyah.

Jehansyah juga menambahkan, penutupan Panasonic dan Toshiba yang dianggapnya kalah bersaing dengan persaingan global menjadi indikator yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam mengeluarkan setiap kebijakan

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini