Share

Cari Kerja Bebas Frustrasi

Agregasi Senin 08 Februari 2016 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 06 65 1306289 cari-kerja-bebas-frustrasi-1NvzeRlxK6.jpg Ilustrasi: Shutterstock

MENCARI kerja bukan proses mudah. Tidak heran, banyak orang merasakan tekanan begitu besar saat menjalani proses ini hingga merasa frustrasi.

Strategi ini dapat membantu Anda mencari kerja lebih efektif.

Mengikuti komunitas profesional

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan impian adalah dengan mengikuti perkumpulan atau komunitas profesional. Biasanya komunitas ini menawarkan pelatihan, networking hingga seminar yang bisa meningkatkan kemampuan dan potensi diri Anda. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi yang Anda butuhkan terkait dengan lowongan pekerjaan.

Manfaatkan situs job search atau job listing

Saat ini sudah banyak situs job search atau job listing yang menawarkan lowongan pekerjaan dari berbagai industri, coba manfaatkan dengan benar lowongan yang ada, lakukan survei dan tempatkan CV Anda agar bisa dikirimkan langsung ke perusahaan yang Anda incar. Manfaatkan juga fitur-fitur seperti kawasan terdekat saat mencari pekerjaan hingga hobi dan yang Anda minati, agar dapat menghasilkan pekerjaan yang sesuai untuk Anda.

Volenteer/sukarela

Bagi Anda yang masih menimba ilmu di universitas pengalaman dalam hal volunteer atau sukarela bisa menambah prestasi Anda ketika saatnya mencari pekerjaan. Saat ini sudah banyak kegiatan bertaraf lokal hingga internasional yang digelar dan membutuhkan banyak tenaga volunteer. Manfaatkan peluang tersebut untuk memperluas jaringan dan wawasan, dan tentunya menambah nilai lebih di CV Anda.

Amati dengan jelas pekerjaan yang ditawarkan

Alasan pertama yang dicari oleh pencari kerja pada umumnya adalah gaji yang besar hingga keuntungan yang lebih di perusahaan. Ada baiknya untuk lebih mempertimbangkan hal-hal lain yang bisa Anda tentukan dalam hal memilih pekerjaan yaitu pengalaman serta kesempatan yang ada. Yang perlu diingat pekerjaan pertama Anda bukan berarti akan menjadi pekerjaan Anda yang terakhir, ambil sebanyak-banyaknya pengalaman yang ada di tempat kerja dan temukan dengan tepat pekerjaan yang Anda minati dan tentunya inginkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini