Share

Berapa Uang yang Dikeluarkan Harry Potter untuk Beli Permen?

Raisa Adila , Okezone · Senin 08 Februari 2016 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 07 320 1306731 berapa-uang-yang-dikeluarkan-harry-potter-untuk-beli-permen-JHRiyPL2wL.jpg Foto: Business Insider
A A A

JAKARTA - Kisah penyihir Harry Potter, tentu sudah tidak asing lagi. Menariknya kisah tersebut membuat seseorang akhirnya mencari tahu berapa banyak biaya yang dikeluarkan Sang Penyihir Utama Harry Potter yang mencerminkan kekayaannya.

Tak lama setelah Hagrid memberitahu Harry bahwa dia seorang penyihir dalam buku pertamanya, Harry Potter dan Batu Bertuah, pria setengah raksasa itu membeberkan beberapa kebenaran tentang dunia sihir termasuk uang yang dimiliki Harry.

Saat kunjungan pertamanya ke bank dunia sihir, Gringotts, Harry sudah memiliki banyak uang berkat warisan yang ditinggalkan orang tuanya. Akan tetapi, berapa sebenarnya uang yang selalu diambil Harry untuk memenuhi kebutuhannya?

Melansir Time, Senin (8/2/2016), salah satu pengguna Reddit bernama aubieismyhomie baru-baru ini memberikan fans Harry Potter pemahaman yang lebih baik tentang seberapa besar dana yang dimiliki penyihir muda itu. Dengan memilah-milah referensi, dia menemukan biaya-biaya dan membandingkan angka-angka untuk harga benda serupa dalam kehidupan nyata, agar mampu menghitung nilai uang penyihir di dunia Muggle (manusia).

Menurut postingannya, satu galleon emas sama dengan USD25, satu sabit perak sama dengan USD1,5 dan satu perunggu knut sama USD0,05.

"Berdasarkan ini, Butterbeer dari kedai Hog's Head akan menjadi seharga sekira USD3. Harry membeli sekitar USD18 permen di Hogwarts Express di tahun pertama, dan buku teks sekolahnya seharga kira-kira USD175," tulis aubieismyhomie.

Penggemar kemudian menggali sebearapa mahal beberapa item magis dalam seri Harry Potter. Dia menjelaskan bahwa biaya tongkat Harry sekira USD175.

Namun, ada satu masalah utama dengan teori ini. Pasalnya, penulis kisah Harry Potter, J.K. Rowling sendiri telah berbicara tentang masalah ini.

Selama live chat pada tahun 2001, penulis mengungkapkan bahwa satu galon sama dengan sekira lima pound Inggris, atau sekira USD7, dengan menggunakan kurs pada saat itu.(rai)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini