Share

Atraksi Barongsai-Liong Hibur Warga Kuta

Puji Sukiswanti , Sindonews · Minggu 07 Februari 2016 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 07 340 1306831 atraksi-barongsai-liong-hibur-warga-kuta-GYxnPfH6ge.jpg Barongsai dan Liong menghibur warga kuta Bali (Puji Sukiswanti/Okezone)
A A A

KUTA - Ribuan warga Badung dan Denpasar padati Jalan Raya Kuta untuk menyaksikan ritual arak-arakan Barongsai dan Liong, di Kuta, Badung, Minggu (7/2/2016).

Arak-arakan ini sebagai perayaan tahun baru  Imlek 2016 yang digelar Vihara Dharmayana/Leeng Gwan Bio. Arak-arakan ini mengambil rute sejauh satu kilometer.

Arak-arakan dimulai dari Vihara Dharmayana dan diawali dengan doa. Aksi dilanjutkan dengan mengarak Barongsai dan Liong menuju arah Pantai Kuta. Di sana, Barongsai dan Liong melakukan atraksi diiringi dengan doa-doa untuk menghibur para wisatawan.

Ritual berdoa ini dilakukan di beberapa perempatan lain yang dilewati. Mereka berdoa sesuai dengan arah mata angin. Selama perjalanan, Barongsai dan Liong ini mengambil angpao-angpao yang berada di jalan-jalan. Selain itu, ada juga warga keturunan Tionghoa yang secara khusus mengundang para Barongsai untuk mampir ke rumahnya guna diberi angpao.

Pengurus Vihara Dharmayana, Adhi Darmaja Kusuma mengatakan, ritual ini merupakan tradisi yang dimiliki oleh warga Tionghoa. "Adanya perayaan seperti ini sejak era Presiden Gus Dur. Kami ingin menunjukkan tradisi budaya kita kepada masyarakat," ungkapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini