Share

Ketat, Bayern Gagal Taklukkan Leverkusen

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Minggu 07 Februari 2016 02:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 07 48 1306533 ketat-bayern-gagal-taklukkan-leverkusen-8LJ30Hrj4T.jpg Bayern Munich vs Bayer Leverkusen ( Foto: AFP )
A A A

LEVERKUSEN – Hingga berakhirnya babak pertama pertandingan tim tuan rumah Leverkusen berhasil menahan keganasan Bayern Munich. Meski sempat mendapat tekanan di menit awal pertandingan, namun Leverkusen sukses menciptakan beberapa peluang emas mendekati akhir pertandingan.

Memasuki babak kedua, seluruh tim nampaknya tidak melakukan perubahan signifikan terhadap anggota pemain mereka. Hanya saja gaya bermain Munich sedikit lebih agresif dan terfokus untuk melakukan serangan cepat. Beberapa peluang sukses dibuat namun masih dapat diredam lini pertahanan Leverkusen.

Hingga berakhirnya babak kedua, belum ada gol yang tercipta. Pertandingan di Bay Arena tersebut ditutup dengan hasil seri yakni 0-0.

 

Jalannya Pertandingan

 

Babak Pertama

 

Jelang dimulainya babak pertama skuad asuhan Pep Guardiola mulai menekan masuk ke dalam lini pertahanan Bayer Leverkusen. Munich yang menggunakan kaus putih terlihat sangat agresif dengan melakukan umpan jauh yang mengarah langsung ke jantung pertahanan Leverkusen.

Menit 20 Tim tuan rumah Leverkusen nampaknya melakukan pola serangan balik cepat untuk meredam keganasan Munich. Setiap serangan yang berhasil ditahan oleh lini pertahanan Leverkusen selalu dipentalkan kembali menuju tengah lapangan.

Menit 33 Douglas Costa membuat peluang setelah sukses melewati Omer Toprak. Namun sayangnya kerjasama dengan Coman berhasil digagalkan Jedvaj sehingga gol urung tercipta. Selang dua menit kemudian Munich hampir saja dalam keadaan bahaya, melalui pola serangan balik Bellarabi nyaris saja mencetak gol melalui kerjasamanya dengan Hernandez, namun sayang posisi Hernandez saat itu sudah terjebak offside.

Menit 41, Kiessling hampir saja membuat peluang gol. setelah berhasil memainkan bola bersama Kramer, Kiessling sukses memberikan bola kepada Hernandez. Namun sayang laju bola masih dapat dipatahkan oleh Lahm. Bek Munich tersebut lantas mengamankan bola dengan mengoperkan bola pada rekan setimnya.

Hingga berakhirnya peluit panjang babak pertama, belum ada satu golpun yang tercipta dari kedua tim. Skor masih 0-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Bay Arena.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Munich nampaknya mulai meningkatkan tempo permainan agar dapat menciptakan peluang gol. Beberapa serangan cepat langsung dilakukan oleh lini serang anak didik Guardiola tersebut.

Menit 51 Leverkusen melakukan pergantian pemain, Tin Jedvaj keluar digantikan oleh Roberto Hilbert untuk mengatisipasi serangan bertubi-tubi Munich. Tak mau kalah Thiago Alcantara juga dimasukan menggantikan Arturo Vidal untuk menyeimbangi kekuatan Leverkusen.

Masuknya Thiago membawa dampak positif bagi tim, terlihat pada menit 55 ia berhasil mengumpankan bola kepada Arjen Robben yang sukses menerobos jantung pertahanan Leverkusen. Namun sayang tiga pemain belakang Die Werkself berhasil menahan laju striker berpengalaman tersebut.

Melihat Robben yang sudah muali kelelahan, Guardiola nampaknya melakukan penyegaran pemain. Thomas Muller dipercaya menggantikan striker berkebangsaan Belanda tersebut pada menit 61. Menit 69 Muller nyaris saja mebawa unggul tim, berawal dari operan silang dari arah kanan menuju Douglas Costa, namun sayang bola tidak dapat di eksekusi dengan baik.

Menit 78 kartu kuning diberikan wasit kepada Xabi Alonso. Berawal dari perebutan bola antara Julian Brandt. Melihat Brandt yang sukses memperoleh bola, lantas Alonso melakukan berlari dan melancarkan tekel keras guna menahan laju pemain sayap tersebut.

Menit 84 kartu kuning kedua diberikan untuk Alonso, hat tersebut membuatnya harus meninggalkan lapangan. Berawal dari niatannya menahan laju Javier Hernandez yang maju menerobos daerah pertahanan Munich untuk melakukan sepakan. Sayangnya tekel tersebut dianggap wasit sebagai pelanggaran keras.

Hingga berakhirnya babak kedua tidak ada gol yang tercipta. Bayer Leverkusen berhasil menahan imbang Bayern Munich dengan skor 0-0.

Susunan Pemain:

Bayer Leverkusen (4-4-2): Leno; Jedvaj, Tah, Toprak, Wendell; Bellarabi, Kramer, Kampl, Calhanoglu; Hernandez, Kiessling.

Cadangan: Brandt, Andre Ramalho, Papadopoulous, Hilbert, Mehmedi, Kresic, Frey.

Bayern Munich (4-1-4-1): Neuer; Lahm, Kimmich, Badstuber, Alaba; Alonso; Robben, Vidal, Costa, Coman; Lewandowski.

Cadangan: Starke. Thiago, Rafinha, Bernat, Rode, Muller.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini