Share

Mitos Hari Pertama Tahun Baru Imlek

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 08 Februari 2016 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 08 406 1307176 mitos-hari-pertama-tahun-baru-imlek-KYbxwsoI0A.jpg Mitos hari pertama Tahun Baru Imlek (Foto: Telegraph)

TAHUN Baru Imlek tidak hanya soal merayakan hari baru. Tetapi ada beberapa mitos yang berlaku di kalangan kaum Tionghoa di hari pertamanya.

Mitos-mitos ini dipercaya dapat membawa kesialan sepanjang tahun. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang selalu dihindari oleh orang-orang yang merayakannya.

Berikut beberapa mitos dan larangan di hari pertama Tahun Baru Imlek dilansir dari Telegraph, Senin (8/2/2016):

Minum obat

Sebisa mungkin orang-orang yang merayakan tahun baru ini menghindari pergi ke dokter atau meminum obat. Pasalnya, minum obat di hari pertama dianggap dapat membawa seseorang sakit sepanjang tahun hingga berikutnya.

Sarapan bubur

Makan di hari pertama tahun baru menjadi simbol bagaimana seseorang mengawali tahun. Karena bubur dianggap sebagai sarapan bagi orang-orang yang tidak punya, sebisa mungkin mereka menghindari makan bubur di hari pertama. Karena mengawali tahun dengan makanan tersebut dianggap sebagai pertanda buruk.

Mencuci baju

Orang-orang disarankan tidak mencuci baju di hari pertama dan kedua Tahun Baru Imlek. Karena hari pertama tersebut merupakan kelahiran Shuishen atau Dewa Air.

Mencuci rambut

Selain baju, mencuci rambut juga bukan hal baik yang dilakukan di hari pertama tahun baru. Dalam bahasa Tiongkok, rambut (red: fa) memiliki lafal yang sama dengan "fa cai" yang berarti "menjadi kaya". Sehingga mencuci rambut dianggap sama dengan menjauhkan keberuntungan di awal hingga satu tahun ke depan.

Benda tajam

Penggunaan benda-benda tajam seperti gunting dan pisau juga dihindari orang-orang yang merayakan Tahun Baru Imlek. Karena benda-benda tersebut dipercaya dapat mengikis atau menipiskan kekayaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini