Share

Rumah Tipe Town House dan Cluster, Serupa Tapi Tak Sama

Fhirlian Rizqi Utama , Okezone · Senin 08 Februari 2016 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 08 470 1307099 rumah-tipe-town-house-dan-cluster-serupa-tapi-tak-sama-lzmhujOdGe.jpg Ilustrasi (rumah45.com)
A A A

JAKARTA - Bisnis properti kini kian berkembang. Untuk perumahan sendiri misalnya. Muncul beragam jenis perumahan yang kemudian digunakan para pengembang untuk menarik minat beli para konsumen.

Salah satunya adalah jenis perumahan cluster dan town house. Dua jenis rumah ini mulai banyak digandrungi masyarakat khususnya kelas menengah ke atas. Namun, bagaimana ciri-ciri karakter dari dua jenis rumah ini?

Menurut pengamat properti dari Colliers Internasional Indonesia, Ferry Salanto, untuk jenis town house, merupakan tipe bangunan dan unit yang dijual lebih sedikit.

"Namun fasilitasnya lebih lengkap dan biasanya rumah jenis ini berlantai dua sampai tiga," kata Associate Director Researh Service Colliers Internasional Indonesia ini kepada Okezone, Senin (8/2/2016).

Ferry melanjutkan, untuk jenis cluster, biasanya perumahan tersebut lebih terpadu. Hal itu dapat dilihat dari sistem one gate atau satu pintu-nya saja.

"Jadi lebih terkontrol dan terpadu mulai dari sistem kemanannya dan pengelolaannya, dan biasanya dalam satu perumahan, cluster ini lebih ekslusif," papar Ferry.

Persamaan dari kedua jenis rumah ini, kata Ferry terletak pada segmentasi pasarnya yang sama-sama mengincar menengah atas.

"Yang dijual itu fasilitasnya, sistem security-nya, dan pengelolaannya yang lebih profesional saja," kata dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini