Share

5 Makanan Sehat Pembersih Usus

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 08 Februari 2016 12:36 WIB
$detail['images_title']
Lemon untuk membersihkan usus (Foto:Lemon)

USUS manusia selalu tidak pernah sempurna setiap hari. Ini karena pengaruh makanan yang dikonsumsinya, sehingga sering mengalami gangguan sistem pencernaan.

Tapi untuk menghindari itu, ada daftar makanan sehat yang mampu bantu menjaga kebersihan usus Anda yang sudah dikenal dari dulu, dilansir Boldsky, Senin (8/2/2016).

Brokoli

Tidak hanya untuk membersihkan hati, brokoli juga membantu Anda mencegah sembelit, perut mulas dan susah buang air besar. Tambahkan sayuran hijau itu di saat Anda makan salad atau juga membuat segelas jus sayuran segar.

Jus buah

Minum jus buah setiap pagi sebelum sarapan. Pilihlah buah-buahan kaya serat karena mampu membersihkan sistem pencernaan. Juga, lebih dari itu, buah-buahan kaya mineral dan enzim yang membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh. Contoh buah yang baik adalah jeruk, apel, semangka, strawberry, pir, mangga, dan masih banyak lainnya.

Biji-bijian

Makanan dengan bahan dasar biji-bijian seperti roti, pasta dan tepung sangat kaya serat, rendah kolesterol dan rendah kalori. Ini membantu melancarkan proses pencernaan Anda, khususnya dapat membersihkan racun dari usus besar.

Lemon

Buah lemon paling cocok untuk membersihkan sistem pencernaan Anda. Minumlah segelas air lemon hangat di pagi hari, karena sangat efektif membantu detoksifikasi dan membersihkan usus besar.

Bayam

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam membantu untuk membersihkan usus besar dan melindungi saluran pencernaan dari berbagai penyakit. Bayam dapat dikonsumsi setiap hari untuk memiliki bebas racun usus yang sehat. Selamat mencoba!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)