Share

Mimpi Membela Timnas Futsal pun Sirna

Oris Riswan, Okezone · Senin 08 Februari 2016 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 08 49 1307196 mimpi-membela-timnas-futsal-pun-sirna-ZXTEe8R1Ap.jpg Muturizal Sah Aulia. (Foto: Okezone/Oris Riswan)
A A A

BANDUNG - Setiap atlet selalu memimpikan untuk membela negaranya di pentas internasional. Hal itu pula yang ada di benak kapten klub futsal Jaya Kencana Utama, Muturizal Sah Aulia (Rizal).

Pemain yang baru dua tahun terjun ke dunia futsal profesional ini menyimpan mimpi besar untuk bisa berseragam Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia.

"Harapannya sih bisa mewakili Indonesia untuk tingkat internasional," kata Rizal kepada Okezone.

Tapi mimpi itu harus disimpan rapat-rapat selama FIFA belum mencabut sanksi untuk Indonesia. Itu lantaran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membekukan PSSI.

Karena kondisi itu, FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi untuk Indonesia. Klub dan timnas Indonesia tidak diperbolehkan main dalam event internasional. Bahkan untuk sekedar melakoni laga persahabatan melawan klub luar negeri atau timnas negara lain juga ikut tertutup.

Rizal menyayangkan pembekuan PSSI dan sanksi yang dijatuhkan oleh FIFA. Apalagi jika melihat kondisi sepakbola nasional yang nasibnya terkatung-katung. Bahkan banyak pesepakbola dan pelaku lainnya di industri sepakbola tidak bisa mencari nafkah karena tidak adanya kompetisi.

"Sangat disayangkan juga ya karena kita olahragawan mencari nafkah di sini. Selain hobi, (sepakbola) juga untuk mencari penghasilan. Dampaknya mungkin di situ kalau untuk para olahragawan di dunia sepakbola," jelasnya.

Tapi bagi Rizal dan para atlet futsal lainnya, nasib mereka jauh lebih baik. Sebab kompetisi futsal tetap berjalan di tengah pembekuan PSSI dan sanksi FIFA. Apalagi turnamen futsal juga banyak digelar di mana-mana.

"Kalau futsal banyak turnamen walaupun turnamen kecil," ucapnya.

Dari segi pemasukan, menurutnya saat ini hidup sebagai pemain futsal cukup aman. Meski pendapatannya tidak sebesar pemain profesional sepakbola. Tapi pemasukan yang ada membuatnya lebih tenang.

"Relatif aman sih walaupun mungkin pendapatan di sepakbola lebih besar. Karena (futsal) ini kan olahraga baru di Indonesia," ujarnya.

Dengan banyaknya turnamen futsal, ia menganggap wajar jika banyak bibit pesepakbola akhirnya memilih berkarir di dunia futsal.

"Mungkin karena sepakbola Indonesia sekarang lagi enggak jelas, makanya futsal menjamur di Indonesia," pungkas Rizal.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini