Share

Pemerintah Janji Berikan Insentif Bagi Investor Kilang Minyak

Dedy Afrianto , Okezone · Selasa 09 Februari 2016 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 320 1307756 pemerintah-janji-berikan-insentif-bagi-investor-kilang-minyak-hpxt6XBG1z.jpg Ilustrasi : Reuters
A A A

JAKARTA - Pemerintah berencana membangun kilang minyak di kawasan Bontang, Kalimantan Timur. Kilang ini ditargetkan dapat beroperasi pada 2022 dengan total biaya mencapai USD15 miliar.

Namun, pemerintah telah memutuskan untuk tidak menggunakan APBN dalam pembangunan kilang minyak. Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, pembiayaan proyek ini akan diserahkan kepada investor dengan skema proyek kerjasama antara pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Untuk dapat menggaet investor, pemerintah pun telah mempersiapkan kebijakan berupa insentif pajak. Investor akan mendapatkan perpanjangan waktu tax holiday hingga lima tahun dibandingkan waktu normal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Untuk para investor kita bisa memberikan tax holiday yang sekarang 10 tahun bisa diperpanjang menjadi 15 tahun," jelas Sudirman di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (9/2/2016).

Selain itu, investor juga dapat menikmati fasilitas tarif nol Rupiah pada berbagai fasilitas yang telah terdapat di daerah Bontang. Sebab, saat ini Bontang telah memiliki berbagai fasilitas setelah cukup lama menjadi kota industri migas.

"Lahan tersedia, infrastruktur memadai, utility tersedia, dan Bontang menjadi industri migas, listrik cukup, jalan tersedia, pelabuhan tersedia. Kementrian agraria bilang bahwa sejauh ini tidak ada masalah. Jadi investor yang mengambil ini tidak dikenakan biaya, karena seluruh fasilitas ini bisa dipakai dengan skema pemanfaatan infrastruktur dengan biaya nol Rupiah," tukasnya.

Pembangunan kilang minyak ini rencananya akan dilakukan secara paralel dengan kilang minyak di Tuban. Namun, khususnya pada kilang minyak Bontang, pemerintah berencana akan mengintegrasikan dengan Petrokimia yang sebelumnya telah beroperasi.(rai)

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini