Share

Bisnis Design Undangan dan EO Hasilkan Rp20 Juta per Bulan

Koran SINDO , Jurnalis · Selasa 09 Februari 2016 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 320 1307861 berawal-dari-rasa-kesal-mahasiswi-ini-hasilkan-rp12-20-juta-per-bulan-Z7kqnvA7u6.jpg Rachel Ajeng Putri Sembiring (Foto: Koran Sindo)
A A A

BANDUNG - Penghasilannya Rp12-20 juta per bulan. Memang tidak tetap, sesuai banyaknya pesanan. Namun dia bisa membuktikan tak minta jatah lagi ke orang tuanya.

Hal itulah yang dilakukan mahasiswi Institut Teknologi Bandung Rachel Ajeng Putri Sembiring dengan membuka bisnis desain kartu undangan dan perencanaan pesta. Sebuah surat undangan (invitation) tampak unik. Sebuah botol bening bermotif wajik hitam dan putih melingkari seperempat badan botol sebelah bawah. Di tengah badan botol tertulis “you are invited!” dengan background hitam.

Tutup botol dibuat dari kayu khusus seperti tutup minuman anggur untuk memperkuat kesan bagi penerima. Di dalam botol itu, surat dari tuan pesta siap untuk dibaca. Red Circus menjadi tema pesta hari itu. Itulah sekilas karya Rachel Ajeng Putri Sembiring. Mahasiswa berusia 20 tahun ini, telah menggeluti bisnis membuat kartu undangan sejak 2011. Berawal dari ekpektasi yang tak terpenuhi saat melihat perayaan pesta ulang tahun sahabat dekatnya beberapa waktu lalu.

Ya, Rachel, merasa kecewa kepada event organizer (EO) yang mencetak desain surat undangan pesta saat itu. “Aku kesel saja. Temenku sudah bayar mahal untuk dibuatin invitation, tetapi desainnya standar saja,” ujarnya.

Bermaksud baik, Rachel membuatkan desain sendiri. Iseng-iseng, Rachel membubuhi namanya di invitations itu. Keberuntungan pun datang. Kemampuan desainnya saat itu dilirik pengunjung. Sejak saat itu banyak orang yang menghubungi Rachel untuk dibuatkan surat undangan.

“Semakin hari, semakin banyak permintaan. Aku mulai sadar, bisnis ini sangat prospektif. Setiap orang akan merayakan ulang tahun mereka. Di Jakarta, birthday party selalu dibuat mewah. Mereka habiskan puluhan juta, sampai menyewa EO dan artis untuk mengonsep acara,” tambahnya.

Kini, mahasiswa tingkat akhir di Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain FSRD ITB ini sudah menghasilkan Rp12-20 juta per bulan dari bisnisnya.

Bisnis ini diawali dengan,..

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini