Share

Pengaruh Angin Monsoon, Hujan Lebat Masih Konsisten di Indonesia

Syamsul Anwar Khoemaeni , Okezone · Selasa 09 Februari 2016 05:56 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 337 1307458 pengaruh-angin-monsoon-hujan-lebat-masih-konsisten-di-indonesia-R440i3ZvOu.jpg
A A A

JAKARTA - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia dinilai karena pengaruh dinamika atmosfer global. Saat ini, angin Monsoon dingin Asia menunjukkan pola angin barat yang dominan. Itu adalah pertanda bahwa musim hujan yang masih konsisten terjadi.

"Kondisi cuaca akan lebih variatif dimana hujan lebat akan juga terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Tinjauan kondisi dinamika atmosfer global saat ini dimana Monsoon dingin Asia menunjukkan pola angin baratan yang dominan yang menandakan musim hujan masih konsisten terjadi di wilayah Indonesia," ujar Kepala BMKG, Andi Eka Sakya kepada Okezone, Selasa (9/2/2016).

Alhasil, angin tersebut berdampak pada aktifitas desakan udara dingin Asia atau cold surge dan membuat wilayah Sumatera dan Jawa sebagai wilayah lintasan aliran udara basah.

"Adanya fase basah Madden Julian Oscilation (MJO) yang kini masih berada di wilayah Indonesia bagian barat serta, adanya fase negatif Indian Ocean Dipole (IOD) yang turut mempengaruhi peningkatan aktifitas pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," imbuhnya.

Kondisi tersebut, lanjut Andi, akan berpengaruh terhadap hujan yang diperkirakan juga akan diiringi dengan peluang munculnya angin kencang, puting beliung, kilat serta kejadian hujan es.

Khusus wilayah Jabodetabek dan Banten, diperkirakan secara umum masih berpotensi terjadi hujan pada pagi hari untuk wilayah utara. Pada siang atau sore hari, muncul potensi hujan untuk wilayah lainnya dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Dihimbau seluruh masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan oleh cuaca ekstrem baik sebagai gangguan sesaat seperti pohon tumbang," harapnya. (day)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini