Share

Banjir Landa Sejumlah Kecamatan di Bangka Barat

ant , Jurnalis · Selasa 09 Februari 2016 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 340 1307602 banjir-landa-sejumlah-kecamatan-di-bangka-barat-sZEVYHe95l.jpg Foto: Ilustrasi banjir (Okezone)
A A A

MUNTOK - Sejumlah lokasi di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalami banjir tahunan seiring tingginya curah hujan yang terjadi dalam tiga hari terakhir di daerah itu.

"Di Kecamatan Parittiga dan Jebus, terdapat tujuh titik dengan ketinggian air antara 50 cm hingga satu meter yang mengakibatkan sejumlah rumah tergenang air dan kondisi jalan menjadi rusak atau terputus," kata Kapolsek Jebus Kompol Era Jhoni Kurniawan, Selasa (9/2/2016).

Ia menerangkan, tujuh lokasi yang selama ini menjadi langganan banjir tahunan masih saja mengalami hal sama dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti di ruas jalan raya Desa Jebus tepatnya di sekitar jembatan dekat Masjid Jebus, Jalan Parit4 Desa Puput, Kecamatan Parittiga, Jalan Airkuang tepatnya di sekitar SPBU Airkuang, Jalan Puputatas, Desa Puput, Jalan Kimjung atau depan SPBU Kimjung, Desa Puput, Jalan raya Bakit wilayah Dusun Jompong, Desa Kapit, Kecamatan Parittiga dan Dusun Petar, Desa Tumbakpetar, Kecamatan Jebus.

Selain mengakibatkan rumah terendam, pihaknya juga menemukan sebanyak lima buah tiang listrik di Dusun Johar, Desa Ranggi, Kecamatan Jebus dalam kondisi roboh ke jalan sehingga menghambat arus lalu lintas.

"Hujan yang terjadi sejak Sabtu (7 Februari) hingga saat ini masih berlangsung cukup lebat sehingga mengakibatkan lokasi-lokasi tersebut tergenang air," kata dia.

Sejak terjadinya banjir tersebut, pihaknya telah mengerahkan personel untuk membantu warga melakukan evakuasi, mengatur lalu lintas dan memasang sejumlah tanda peringatan.

Era mengimbau agar masyarakat para pengguna jalan berhati-hati melalui jalan yang putus atau mengalami kerusakan.

"Kepada warga yang berada di lokasi langganan banjir kami harapkan tetap waspada dan siaga karena cuaca saat ini masih belum bersahabat dan masih ada potensi hujan tinggi," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini