Share

Masyarakat Bali Potong Ribuan Babi Secara Massal

ant , Jurnalis · Selasa 09 Februari 2016 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 340 1307746 masyarakat-bali-potong-ribuan-babi-secara-massal-e5RaEzLASg.jpg Ilustrasi babi. (Foto: Alamy)
A A A

BALI - Masyarakat Bali melakukan pemotongan ribuan ekor babi secara massal pada hari Penampahan Galungan, sehari menjelang hari raya umat Hindu terbesar di Pulau Dewata, Selasa (9/2/2016).

Ribuan ekor babi yang dipotong dalam waktu bersamaan itu sebelumnya telah disiapkan dengan baik oleh masyarakat di masing-masing banjar (dusun). sehingga persediaan sangat mencukupi.

Babi yang siap potong dengan berat di atas 100 kilogram per ekor tersedia hampir secara merata di delapan kabupaten dan satu kota di Bali. Sehingga menjelang Galungan, tidak perlu terjadi perdagangan babi lintas kabupaten.

Sementara Kepala Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kabupaten Karangasem I Ketut Artama mengatakan, dari tahun ke tahun, nyaris masyarakat Karangasem tidak pernah mengalami kekurangan daging babi.

Menurut dia, sejak enam bulan sebelum hari raya, pada umumnya masyarakat sudah mempersiapkan dengan membeli bibit babi untuk diternakkan di rumah. "Jadi, begitu hari raya, babi itu sudah cukup umur untuk dipotong dan dikonsumsi sebagai hidangan Galungan," katanya.

Pemotongan bersama dengan istilah mepatung itu harganya akan jauh lebih murah dibanding membeli daging yang sudah siap di pasar-pasar tradisional.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini