Share

Coconut Palace, Istana Wapres Filipina dari Pohon Kelapa

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Selasa 09 Februari 2016 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 470 1308175 coconut-palace-istana-wapres-filipina-dari-pohon-kelapa-YCssXP6uE4.jpg Coconut Palace (Foto: Amusing Planet)
A A A

MANILA - Kediaman resmi dan tempat kerja Wakil Presiden Filipina di Manila, disebut Coconut Palace atau Tahanang Pilipino atau dalam bahasa Indonesia berarti Istana Kelapa. Nama tersebut digunakan karena dalam pembangunan istana tergolong cukup uni, dengan menggunakan banyak potongan kayu kelapa dan berbagai bagian lainnya dari pohon kelapa.

Dilansir dari laman Amusing Planet, Selasa (9/2/2016), atapnya terbuat dari sirap kayu kelapa, sedangkan untuk struktur kolom bangunan seperti tiang, berbentuk batang kelapa terbalik, dengan tonjolan khas kelapa yakni akar membentuk batang pohon. Lantai kayu bergambar pun menutupi seluruh lantainya, serta karpet terbuat dari serat kelapa dan wallpaper dari pelepah berserabut.

Ada juga lampu gantung besar yang terbuat dari 101 buah batok kelapa, dan begitu pula meja makan yang terbuat dari 40 ribu potongan-potongan kecil dari berhiaskan tempurung kelapa.

Dikatakan bahwa hampir 70 persen dari struktur bangunan terbuat dari pohon kelapa. Semua bagian dari kelapa mulai akar pohon hingga batang, kulit kayu, buah, bunga dan tempurung digunakan untuk merancang dan menghias istana sebagai sebuah demonstrasi fleksibilitas dari kelapa yang rendah hati. Tidak heran Filipina menyebut pohon kelapa sebagai pohon kehidupan.

(dhe)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini