Share

Istana Besutan Imelda Marcos, Paus pun Enggan Menginjaknya

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Selasa 09 Februari 2016 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 470 1308184 istana-besutan-imelda-marcos-paus-pun-enggan-menginjaknya-3qZoxumSwJ.jpg Coconut Palace (Foto: Amusing Planet)
A A A

MANILA - Kediaman resmi dan tempat kerja Wakil Presiden Filipina di Manila, disebut Coconut Palace atau Tahanang Pilipino atau dalam bahasa Indonesia berarti Istana Kelapa, merupakan besutan Imelda Marcos. Dia merupakan istri dari mantan Presiden Filipina periode 1965-1986, Ferdinand Marcos.

Dilansir dari laman Amusing Planet, Selasa (9/2/2016), ide aneh membangun istana ini memang berasal dari Imelda Marcos sendiri. Singkat cerita, ketika itu dia ingin membangun sebuah rumah tamu elegan Coconut Palace (Istana Kelapa), untuk menerima Paus Yohanes Paulus II ketika mengunjungi Filipina pada 1981.

Tapi ketika Paus mengetahui bahwa itu dibangun dengan biaya 37 juta peso Filipina atau USD10 juta atau setara Rp137 triliun (mengacu kurs Rp13.680 per USD) pada waktu itu, Paus menolak untuk menginjakkan kaki di istana karena dia tahu tempat mewah itu dibangun dengan mengorbankan warga negara yang masih hidup dalam kemiskinan.

Adapun uang pembangunan istana tersebut hasil pasangan ini menjarah perbendaharaan Filipina senilai USD10 juta sebelum pada akhirnya Marcos digulingkan dari tahtanya.

Dengan akumulasi kekayaan secara ilegal, pasangan ini juga membeli beberapa rumah mewah di Amerika Serikat (AS) dan Filipina, lebih dari seratus lukisan mahal karya empu tua seperti Van Gogh, Rembrandt, Rafael dan Michelangelo, peralatan makan perak, kalung emas, tiara berlian dan semua barang terbaik serta berharga yang dunia pernah tawarkan.

Selain itu, gaya hidup Imelda Marcos memang terkenal boros dan dikenal memiliki lemari besar menampilkan setidaknya seribu pasang sepatu. Kini koleksi sepatunya dipajang di Museum Sepatu Marikina, Manila.

(dhe)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini