Share

Kiat Sukses Fresh Graduate Mencari Kerja

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 10 Februari 2016 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 65 1307830 kiat-sukses-fresh-graduate-mencari-kerja-42m7gLCGDS.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Salah satu kelemahan fresh graduate adalah belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Padahal, perusahaan biasanya mencari kandidat karyawan yang bisa diandalkan tanpa harus mengajadi dari awal.

Tak usah khawatir, fresh graduate juga punya kesempatan besar untuk bisa bersaing dengan orang-orang yang sudah berpengalaman. Berikut ini beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk sukses mencari kerja:

1. Memperbarui CV dan resume

Saat kuliah, sebagian besar mahasiswa sudah memiliki CV atau resume yang digunakan untuk melamar magang atau beasiswa. Namun, ketika masuk dunia kerja yang sesungguhnya, kamu harus cepat-cepat meperbarui CV dan resume-mu.

Pastikan kedua komponen tersebut terlihat profesional. Masukkan skill beserta pengalaman yang menonjol sehingga bisa memberikan nilai tambah. Perusahaan akan mengenal CV atau resume yang dibuat secara asal-asalan.

2. Tujukan CV dan lamaran dengan benar

Ketika akan mendaftar ke divisi tertentu, pastikan kamu menuliskan pihak yang dituju dengan benar. Akan lebih baik jika kamu mengetahui nama dari pihak yang ingin dituju. Namun, secara umum lamaran biasanya ditujukan kepada bagian recrutment, yakni HRD.

3. Memberikan penawaran menarik

Dalam proses melamar pekerjaan, yang terpenting bukanlah memamerkan diri sendiri, tetapi apa yang bisa diberikan kepada perusahaan. Oleh karena itu, segudang prestasi yang diliki tidak akan banyak berpengaruh jika kamu tidak memiliki jaringan luas atau skill yang dibutuhkan perusahaan.

4. Tetapkan target

Posisi yang dilamar sebaiknya disesuaikan dengan pengalaman dan skill yang kamu miliki. Hal ini supaya kamu terlihat memiliki target dan tujuan dalam melakukan suatu hal. Misalnya, saat kuliah bergabung dalam majalah kampus lantaran saat lulus nanti kamu punya cita-cita bekerja di bidang media atau jurnalistik.

Selamat mencoba! (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini