Share

Tak Punya Kompetensi, Siap-Siap Digantikan Tenaga Asing

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 10 Februari 2016 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 09 65 1307993 tak-punya-kompetensi-siap-siap-digantikan-tenaga-asing-R0HAfL9FMz.jpg Pertajam kompetensi kunci taklukkan MEA. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Berlakunya program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuat kita harus terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Sebab jika tidak, maka bersiaplah kita akan digantikan tenaga asing.

"Kalau kita tidak siap menghadapinya, mau tidak mau maka perusahaan akan pakai tenaga asing," ungkap CEO Citiasia, Farid Subkhan, di Jakarta, belum lama ini.

Farid menuturkan, mahasiswa di luar negeri usai lulus akan langsung masuk ke dunia kerja. Sertifikat yang mereka miliki bahkan sudah sampai di level master.

"Di India itu sudah mencapai 300 mahasiswa yang lulus dan masuk ke dunia kerja sertifikasi oracle-nya di level master. Sedangkan Indonesia masih belum," ujarnya.

Sertifikasi, menurutnya, sangatlah penting. Apalagi untuk TI, karena kemampuan ini diterima di semua sektor. Karena itu, bila kita tidak menyiapkan diri untuk memiliki kompetensi tersebut maka bisa dikalahkan tenaga asing dari luar.

Dengan beasiswa training TI dalam Program Citiasia-Oracle Scholarship 2016, mereka mengajak mahasiswa untuk bisa memperdalam skill dalam bidang TI. Agar nantinya kemampuan mereka bisa tersertifikasi dan diakui.

"Tahun ini Oracle memberikan 2.000 beasiswa training sertifikat. Jadi, nanti mereka mendapatkan modul serta virtual training," ujarnya.

Para mahasiswa yang ingin mengikuti beasiswa ini maka harus bisa memenuhi sejumlah persyaratan. Di antaraya, mereka harus paham dengan program yang didaftarkan.

"Mereka harus memiliki kemampuan bahasa Inggris, Karena soalnya akan diberikan dalam bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga perlu untuk paham dengan program yang mereka apply. Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa di PTS maupun PTN, tapi kami prioritaskan bagi mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki tekad yang kuat," tambahnya. (afr)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini