Share

Gajah Tersesat Masuk Kota di India

Silviana Dharma , Okezone · Rabu 10 Februari 2016 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 18 1309131 gajah-tersesat-masuk-kota-di-india-LZ0CWTljsL.jpg Gajah masuk kota bikin warga panik. (Foto: Belfast Telegraph)
A A A

SILIGURI - Seekor gajah liar menghebohkan seisi kota di timur India, setelah berlari kebingungan ke dalam pusat kota Siliguri. Ia diyakini tersesat ketika keluar dari Hutan Baikunthapur untuk mencari makan.

“Gajah itu ketakutan dan mencoba kembali ke hutan,” kata Papaiya Sarkar (40), seorang saksi mata yang melihat mamalia besar itu melintas dengan langkah besar di jalan, yang dekat dengan rumahnya.

Akibat berlari kelimpungan, hewan berbelalai panjang itu menghancurkan beberapa mobil dan motor yang terparkir di sudut jalan. Orang-orang juga berlari ketakutan ketika melihat gajah itu masuk ke kota. Sementara warga yang berada di dalam rumah ramai mengintip aksi hewan itu dari atap maupun balkon atas rumah mereka.

Dilansir dari Belfast Telegraph, Rabu (10/2/2016), petugas kehutanan kemudian dipanggil. Gajah betina itu berhasil ditenangkan setelah tubuhnya ditembus tiga suntikan berisi obat bius.

“Dia tidak menyerang orang, hanya membuat mereka berlari ketakutan saja. Setelah dibius, ia baru bisa kami angkut dan dalam waktu beberapa jam saja sudah dikembalikan ke habitatnya,” kata Basab Rai, petugas kehutanan setempat.

Di India dan Sri Lanka, tercatat telah lebih dari 400 gajah dan 250 manusia terlibat aksi saling bunuh sepanjang satu tahun terakhir.

Kehidupan gajah di India terancam oleh perburuan ilegal. Saat ini, populasinya tersisa sekira 30.000 di seluruh pelosok Negeri Anak Benua. Di seluruh dunia, jumlah gajah menurun hingga 95 persen, tersingkir dari habitat aslinya di jalur Mediterania hingga ke Sungai Kuning di utara China.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini