Share

KEIN Diberi Tugas Berantas Kemiskinan

Hendra Kusuma , Okezone · Rabu 10 Februari 2016 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 20 1308937 kein-diberi-tugas-berantas-kemiskinan-zxKu4Iq9VP.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

JAKARTA - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyebutkan, harus membuat second opinion atau roadmap sendiri sebagai upaya alternatif pemerintah merealisasikan target-targetnya.

"Kenapa perlu roadmap, goals-nya adalah ada lima, yang pertama bagaimana menciptakan lapangan kerja, menurunkan kemiskinan, mempersempit kesenjangan, menjaga inflasi, dan tentu saja yang terakhir menjaga pertumbuhan ekonomi tetap tinggi," kata Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Arif menjelaskan, roadmap atau second opinion yang akan dibuat KEIN akan menjadi agregasi dari seluruh roadmap yang sudah ada di masing-masing kementerian lembaga saat ini, begitu juga dengan roadmap yang telah dibuat oleh stakeholder seperti asosiasi.

Bahkan, upaya pemerintah mendorong perekonomian nasional agar semakin hidup melalui paket-paket kebijakan sudah didukung penuh oleh KEIN. "Bahwa paket kebijakan yang diterbitkan ini dalam rangka proses transformasi modernisasi perekonomian di Indonesia, bukan liberalisasi, tapi modernisasi pertumbuhan ekonomi, agar memiliki daya saing tinggi, masyarakat mendapat barang yang kualitas baik, servisnya baik, dengan harga terjangkau," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris KEIN Putri Wardani menegaskan, roadmap atau second opinion yang dibuat oleh KEIN tidak akan tumpang tindih dengan roadmap yang sudah dimiliki masing-masing kementerian lembaga.

"Kami diinginkan memberikan masukan yang sinkronisasi kebijakan untuk menunjang pertumbuhan industri nasional, itu fungsi yang dimiliki KEIN, oleh karena itu kami menyiapkan fungsi crisis center bagi industri di mana di situ para industriawan bisa memberikan masukan apa saja saat terjadi kendala, agar reindustrilisasi bisa lagi tumbuh double digit lagi, justru masukan kepada KEIN dari pelaku ini bisa menjadi tabulasi, dan menjadi bekal penyempurnaan, jadi tidak akan bertumpang tindih," tutup Putri.(rai)

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini