Share

BNPB Pasang 50 Sistem Peringatan Dini Bencana

Fadhly Fauzy , Okezone · Rabu 10 Februari 2016 21:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 337 1309113 bnpb-pasang-50-sistem-peringatan-dini-bencana-8WNajIsPDz.jpg Foto: Illustrasi Okezone
A A A

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah memasang 50 unit sistem peringatan dini rawan longsor di seluruh Indonesia.

Pemasangan sistem tersebut untuk dimaksudkan untuk mengantisipasi tempat-tempat yang dinilai rawan longsor secara cepat. Dalam pemasangan sistem peringatan dini tersebut, BNPB bekerjasama dengan beberapa pihak.

"Telah memasang 50 unit sistem peringatan dini rawan longsor. Bekerjasama dengan UGM dan badan geologi. Bukan hanya alatnya saja tapi bagaimana sosial engineeringnya. Masyarakat kita latih. Membuat kelompok-kelompok siaga bencana dan mampu melakukan antisipasi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (10/2/2016).

Namun Sutopo mengatakan, jumlah tersebut belum dapat mencukupi untuk seluruh wilayah. Sutopo menilai, untuk dapat memenuhi kebutuhan seluruh Indonesia, diperlukan hingga ratusan ribu sistem.

"Tentu saja 50 unit tadi belum mampu mengcover seluruh Indonesia. Kita perlu ratusan ribu jumlah sistem peringatan dini longsor yang kita tempatkan di daerah-daerah rawan longsor untuk melakukan langkah antisipasi," sambungnya.

Lebih dari itu, Sutopo menilai, langkah yang lebih baik dalam menangani atau mengantisipasi bencana adalah dengan penyusunan tata ruang sesuai dengan wilayah-wilayah rawan bencana.

"Sebenernya yang lebih efektif adalah menyangkut tata ruang. Petanya sudah ada dan di UU 26/2007 tentang penataan ruang disebutkan bahwa penyusunan tata ruang harus berazaskan peta rawan bencana. Dengan kondisi seperti itu hendaknya tata ruang dibuat menyesuaikan wilayah-wilayah yang rawan bencana. Baik longsor, banjir, tsunami, erupsi gunung dan sebagainya," tambahnya lagi.

Kata dia, masyarakat juga sebaiknya juga perlu diberi pengetahuan mengenai cara mengantisipasi bencana.

"Melalui pendidikan, pelatihan, sosialisasi, melakukan latihan-latihan bencana dan sebagainya. Pengetahuan ini belum menjadi sikap. Belum menjadi prilaku masyarakat," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini