Share

Lewat Rembug RW, Usulan Warga Jakarta Akan Ditampung

Reni Lestari , Okezone · Rabu 10 Februari 2016 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 338 1308547 lewat-rembug-rw-usulan-warga-jakarta-akan-ditampung-Yoa7QwsdjJ.jpg Foto: Ilustrasi (Okezone)
A A A

JAKARTA - Setelah membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk tempat berkumpul warga, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap meluncurkan aplikasi berbasis android bertajuk "Rembug RW". Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, aplikasi ini nantinya berfungsi untuk menampung usulan warga terkait pembangunan di lingkungannya.

"Melalui aplikasi ini, melapor kepada kami. SKPD terkait langsung dapat hasil rembugan itu. Nanti di smart city akan keluar RW ini menghasilkan apa, RW itu mengusulkan apa," kata Ahok usai meresmikan RPTRA Puspita, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2016).

Namun, saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap persiapan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI.

Ahok melanjutkan, melalui aplikasi ini warga bisa mengajukan kebutuhan lingkungannya akan fasilitas umum, seperti puskesmas, klinik kesehatan, dan taman bermain. Jika anggaran di pemerintah tak memadai, pembangunan akan diserahkan kepada perusahaan melalui corporate social responsibility (CSR).

"Kami akan melakukan penganggaran. Jika nanti anggaran terlambat atau enggak cukup atau kegiatan mendesak, nanti CSR waktu datang bisa kita tempatkan di mana," ucapnya.

Menurutnya, selain membantu memenuhi kebutuhan warga, aplikasi ini berguna untuk penyaluran program CSR perusahaan. Hal itu karena perusahaan kerap bingung saat hendak menyalurkan dana CSR.

"Kalau sekarang, orang mau mengantar uang saja kita bingung, mau diberikan ke siapa, kegiatan proyek apa. Tapi, nanti akalu ada peta Rembug RW, itu akan lebih baik," ucap Ahok.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini