Share

Nyaris Gadaikan ke China, Miliarder Properti Australia Ini Raup Rp18 T

Dhera Arizona Pratiwi , Okezone · Kamis 11 Februari 2016 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 470 1308951 nyaris-gadaikan-ke-china-miliarder-properti-australia-ini-raup-rp18-t-wDyJAZxk0Y.jpg Harry Triguboff (Foto: Bloomberg)
A A A

NEW YORK – Setelah pendiri perusahaan pengembang properti asal Australia Harry Triguboff membatalkan rencana untuk menjual menara apartemen perusahaan pengembangnya, Meriton, kini dia berhasil meraup keuntungan senilai USD1,3 miliar atau setara Rp18 triliun (mengacu kurs Rp13.445 per USD).

Dengan kenaikan kekayaan sebesar USD1,3 miliar atau setara Rp18 triliun tersebut, menjadikan Triguboff sebagai orang yang berhasil meraup keuntungan sebegitu besarnya selama dua tahun berturut-turut. Total kekayaan bersihnya kini tercatat sebesar USD7,4 miliar atau setara Rp99 triliun. Alhasil, kini dia tercatat sebagai orang Australia terkaya nomor 3.

Padahal sebelumnya, dia berencana untuk menjual salah satu menara apartemennya tersebut kepada pengembang asal China pada Februari 2015 silam.

Selain itu, dilansir dari laman Forbes, Kamis (11/2/2016), pasar hunian apartemen di Sydney terlihat terus menerus mengalami kenaikan dengan semakin pesatnya permintaan, baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Alhasil, ini juga memberikan angin segar bagi para pengembang lokal, termasuk dirinya.

Bagi Triguboff, meningkatnya tarif sewa, naiknya tingkat suku bunga dari para peminat potensial dan permintaan terus menerus dari China terhadap apartemen di Sydney, telah banyak membantu menaikkan kekayaan dirinya.

Penjualan propertinya pun diperkirakan meningkat 70 persen pada tahun ini, dengan 5.000 unit sedang berada dalam pembangunan dan 10.000 unit lainnya sedang dipersiapkan untuk diluncurkan.

Triguboff terjun ke dunia pengembang berawal dari pengalaman yang pernah dia peroleh ketika membeli blok tanah kedua pada 1963, saat ini lokasinya bernama Tempe di Smith Street. Ketika itu dia mulai membangun blok dari delapan unit dengan seorang rekan kerja. Setelah berhasil meraup keuntungan dari proyek pertamanya, dia pun melanjutkan pengembangan kedua pada 1968 di Gladesville.

Selain itu, di Meriton Street, Triguboff membangun blok 18 unit yang dibangun oleh nama perusahaan yang dia daftarkan pada 1968. Sejak saat itu dia telah berkembang menjadi salah satu pengembang properti Australia yang paling sukses.

(dhe)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini