Share

Dortmund Sukses Melangkah ke Semifinal DFB Pokal

Aditya Wahyutomo , Okezone · Rabu 10 Februari 2016 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 48 1308354 dortmund-sukses-melangkah-ke-semifinal-dfb-pokal-O0q4F0fgHK.jpg Pierre Aubameyang (Foto: AFP)
A A A

STUTTGART - DFB Pokal menjadi kesempatan Borussia Dortmund untuk memperoleh trofi pada musim 2015-2016. Hal tersebut terjadi karena pada ajang Bundesliga, Dortmund harus berjuang dengan berat untuk menggeser Bayern Munich dari puncak klasemen.

Dortmund harus bertandang ke kandang Stuttgart dalam babak perempatfinal DFB Pokal musim 2015-2016, Rabu (10/2/2016). Jika berhasil lolos maka mereka akan menyusul Werder Bremen yang sudah terlebih dahulu lolos karena mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 3-1.

Dortmund berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 melalui kaki Aubameyang, Marco Reus dan Mkhitaryan. Hasil tersebut membuat Dortmund menjadi tim kedua yang lolos ke babak semifinal.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Dortmund langsung menekan sejak menit pertama. Pertandingan belum genap enam menit, Dortmund sudah berhasil mencetak gol. Marco Reus yang tidak terkawal berhasil menjebloskan bola ke gawang Stuttgart dan membawa Dortmund unggul.

Usai gol Reus, pertandingan berjalan dengan tempo lambat. Dortmund beberapa kali berusaha untuk melakukan serangan namun usaha mereka selalu terhalang oleh barisan pertahanan Stuttgart yang cukup rapi setelah gol terjadi.

Pada menit 18 sebagai kecil pendukung Dortmund akhirnya memutuskan untuk memasuki stadion. Sebelumnya mereka memutuskan untuk tidak memasuki stadion karena memprotes kebijakan pihak Stuttgart yang mematok harga tiket terlalu tinggi.

Menit 20 Stuttgart berhasil menyamakan kedudukan melalui kaki Lukas Rupp. Rupp yang tidak terjaga di dalam kotak penalti Stuttgart mendapatkan peluang setelah memperoleh bola liar. Sadar dirinya tidak terkawal, Rupp memutuskan untuk menjebloskan bola dengan tenang ke gawang Dortmund. Gol 1-1 menyamakan kedudukan.

Menit 29 pemain yang diisukan akan segera meninggalkan Dortmund, Ilkay Gundogan melakukan solo run menawan untuk menerobos daerah pertahanan Stuttgart, sayang usahanya berhasil dipatahkan oleh bek Stuttgart.

Satu menit kemudian Pierre-Emerick Aubameyang berhasil membuat Dortmund kembali unggul. Memanfaatkan umpan terobosan dari Reus, Aubameyang yang berlari sangat cepat berhasil menendang bola ke sudut gawang Stuttgart yang tidak bisa dijangka oleh kiper. Gol, 2-1 untuk Dortmund.

Sampai babak pertama berakhir, skor masih 2-1 untuk keunggulan Dortmund.

Babak Kedua

Tidak puas dengan keunggulan tipis, Dortmund terus melakukan serangan pada babak kedua. Namun sayang usaha yang mereka ciptakan harus gagal berbuah gol. Hal yang sama juga terjadi bagi Stuttgart, tidak ingin dipermalukan di kandang mereka terus menekan pertahanan Dortmund.

Duet Aubameyang dan Reus kembali mengancam daerah perahanan lawan pada menit 66. Namun sayang keduanya tidak mampu mencetak gol karena terus dijaga oleh empat pemain bertahan Stuttgart.

Memasuki menit 70 Dortmund terus tertekan oleh barisan penyerang Stuttgart. Mereka juga nyaris kebobolan melalui skema tendangan sudut yang dilkakukan oleh Stuttgart.

Mkhitaryan nyaris saja mencetak gol untuk menambah keunggulan Dortmund pada menit 74. Namun kurang beruntung karena sundulannya harus membentur tubuh pemain Stuttgart dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Memasuki menit 89 Mkhitaryan berhasil menjebol gawang Stuttgart. Gol tersebut ia dapat setelah memanfaatkan umpan dari Aubameyang. Gawang Stuttgart yang sudah kosong membuat Mkhitaryan dengan mudah memasukan bola.

Sampai pertandingan berakhir, skor 3-0 menjadi milik Dortmund.

STUTTGART (4-5-1): Langerak; Grosskreutz, Sunjic, Niedermeier, Insua; Rupp, Didavi, Die, Gentner, Kostic; Kravets.

DORTMUND (4-3-3): Burki; Piszczek, Sokratis, Hummels, Schmelzer; Gundogan, Ginter, Durm; Mkhitaryan, Reus, Aubameyang.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yoh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini