Share
Advertisement

Lima Hewan Ini Punya Kemampuan Kamuflase Mengagumkan

Rizka Diputra , Jurnalis-Rabu 10 Februari 2016 19:36 WIB
Burung Potoo sedang berkamuflase (Foto: Ist)
Burung Potoo sedang berkamuflase (Foto: Ist)
A
A
A

JAKARTA - Di dunia ini terdapat berbagai hewan yang memiliki kemampuan kamuflase atau upaya menyamarkan diri yang sangat luar biasa. Kamuflase tersebut dilakukan dengan tujuan menghindari serangan musuh sekaligus untuk mendapatkan mangsa.

Kali ini Okezone akan mengulas lima hewan dengan kemampuan kamuflasi mengagumkan. Berikut ulasannya :

Tokek Ekor Daun

Tokek ekor daun atau lazim disebut Satanic Leaf Tailed Gecko memiliki habitat di kawasan Afrika Tengah dan Timur. Tokek dari Madagaskar ini mampu tumbuh dengan panjang hingga sembilan centimeter.

Ia termasuk binatang yang aktif di malam hari (nocturnal) sehingga di siang hari cenderung diam atau pasif dengan gaya merapatkan diri dengan pepohonan. Hewan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1888 silam. Meski sempat menghilang, tokek menyeramkan itu dikabarkan kembali ditemukan pada tahun 1998 di Madgaskar.

Katak Hijau

Katak yang satu ini memiliki kemampuan kamuflase sangat baik seperti katak bertanduk panjang (megophrys nasuta) di Pulau Kalimantan. Ia memiliki otot kaki kekar, kepala pipih melebihi luas tubuhnya.

Bentuk tubuhnya itu memudahkan ia untuk berkamuflase di atas dedaunan hijau dan batang pohon untuk menanti mangsanya yang lewat. Dengan tekstur tubuh hijau tentu memudahkan ia bersembunyi atau menyamarkan diri pada dedaunan.

Gurita (Octopus)

Selain memiliki delapan lengan hisap yang enggan melepaskan mangsanya, gurita satu ini juga pandai melakukan kamuflase. Kamuflase itu dilakukannya guna menghindari kejaran predator sekaligus untuk mempertahankan diri dari musuh.

Meski lazimnya gurita berwarna abu-abu pucat atau putih, namun warna tersebut mampu berubah sesuai kondisi lingkungan di sekitarnya. Kemampuan kamuflase ini sendiri berasal dari kantung-kantung warna yang lentur yang mampu mengubah kekentalan warna dan bayangan di jaringan epidermisnya.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement