Share

Kuota Masuk PTKIN 2016 Ditambah

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 10 Februari 2016 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 65 1308759 kuota-masuk-ptkin-2016-ditambah-Y8R2HuJFRS.jpg Kuota pada penerimaan PTKIN 2016 akan ditambah. (Foto: Iradhatie/Okezone)

JAKARTA – Hari ini Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) meluncurkan dua jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2016 melalui seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) dan ujian masuk (UM). Tahun ini, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya Profesor Abd A'la, M.Ag didapuk sebagai ketua panitia nasional SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN.

Selain melakukan berbagai penyempurnaan guna mendukung proses seleksi, Profesor Abd A'la mengungkapkan bahwa kuota untuk kedua jalur mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan pada 2015.

"Kuota SPAN-PTKIN 2016 sebanyak 73.246, sedangkan pada 2015 hanya 61.246. Untuk kuota jalur UM-PTKIN 2016 sebanyak 48.638 meningkat dari tahun sebelumnya 40.533," ujarnya di Gedung Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Profesor Abd A’la mengungkapkan, siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya berkesempatan menjadi calon mahasiswa UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN. Namun, sebelumnya pihak madrasah atau sekolah wajib mengisi pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) secara lengkap dan benar.

"Masing-masing sekolah mendapat kuota sesuai akreditasi. Sekolah akreditasi A berhak mendaftarkan 75 persen siswa terbaik di sekolahnya, akreditasi B sebanyak 50 persen, akreditasi C sebanyak 20 persen, sedangkan akreditasi lainnya 10 persen," jelasnya.

Sedangkan pola seleksi UM-PTKIN, imbuh dia, akan dilaksanakan secara nasional melalui suatu sistem terpadu dan diselenggarakan serentak oleh panitia yang ditetapkan Kemenag.

Sementara Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat meluncurkan dua jalur ini berpesan, peningkatan harus dilakukan bukan dari sisi kinerja saja, tetapi juga dari kualitas pendidikan tinggi.

"Bagi PTKIN tantangan ke depan semakin besar, kompetisi makin ketat begitu juga persaingannya. Kita harus bersama menjaga kulaitas dari waktu ke waktu supaya semakin baik," tuturnya.  (afr)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini